Menarik kemurahan Tuhan

BACAAN HARI INI

Lukas 6:30-38

RHEMA HARI INI

Lukas 6:38a Karena, jika kalian memberi, kalian akan menerima! Pemberian kalian akan dikembalikan dengan takaran yang penuh dan berlimpah-limpah, yang ditekan dan diguncang supaya masih dapat diisi lagi, sehingga melimpah-ruah. (FAYH)

Seperti kebanyakan orang, Tejo ingin bisa memiliki rumah sendiri untuk berteduh bersama anak istrinya. Beberapa kali ia mendatangi developer dan ia pun mulai berhitung. Dengan penghasilan Tejo dan istrinya yang tidak seberapa, mereka butuh kurang lebih 12 tahun untuk mengumpulkan uang mukanya saja. Tejo menyadari bahwa ia harus mulai menabung lebih banyak lagi setiap bulannya. Namun, semua itu tidak menjadikannya pelit dalam membantu kesulitan orang lain. Ia pun tetap setia mengembalikan persepuluhan. Suatu ketika, Bapak Pendeta menantang jemaatnya memberikan apa yang paling berharga bagi pembangunan gereja. Dengan persetujuan istrinya, akhirnya Tejo mempersembahkan cicin pernikahan mereka yang sederhana. Beberapa waktu kemudian, ia mendapatkan penawaran perumahan murah. Harga rumah itu setengah dari rata-rata harga rumah dan uang mukanya pun hanya 3,6 juta. Dengan hati yang bersukacita dan bersyukur kepada Tuhan, Tejo menjual motornya untuk membayar DP dan sisanya dibelikan sepeda motor bekas.
Dunia ini berpikir ketika kita memberi, berarti milik kita berkurang dan kita kehilangan sesuatu. Apalagi jika kita sendiri sedang kekurangan. Namun, ada orang-orang seperti Pak Tejo yang keuangannya tidak seberapa, tetapi memiliki hati yang suka memberi. Memang sepertinya mereka kehilangan kesempatan untuk menggunakan apa yang mereka miliki untuk kebutuhan mereka sendiri. Namun, bukankah Tuhan mengajarkan kepada kita untuk tidak mementingkan diri kita sendiri?
Ya, sekalipun dunia beranggapan bermurah hati adalah beban, tetapi Yesus berkata bahwa bermurah hati adalah berkat. Melalui kemurahan hati kita, Dia ingin menunjukkan kemurahan hati-Nya yang ingin Dia berikan kepada kita dan melalui kita. Kita boleh yakin, kemurahan hati Tuhan jauh lebih besar dari kemurahan hati kita. Firman-Nya mengatakan, pemberian kita akan dikembalikan berkali lipat sampai berlimpah-limpah. Percayalah, Tuhan tidak pernah kekurangan cara untuk menolong anak-anakNya yang tidak pernah menahan kemurahan hatinya.

RENUNGAN

Berbahagialah orang yang MURAH HATINYA, karena kemurahan mereka akan MENARIK KEMURAHAN TUHAN yang jauh lebih besar

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apakah Anda adalah seseorang yang murah hati? Mengapa?
  2. Apa yang selama ini menghalangi Anda untuk memberikan apa yang Anda miliki kepada Tuhan atau orang-orang lain yang membutuhkannya?
  3. Mengapa Anda perlu bermurah hati dan bagaimana Anda bisa melakukannya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa Sorgawi, kami percaya Engkau senantiasa memberkati kami untuk menjadi berkat bagi kemuliaan-Mu. Penuhi kami lebih lagi dengan Roh-Mu. Kami rindu lebih lagi Engkau pakai sebagai saluran berkat dan nama-Mu dipermuliakan melalui kemurahan hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.