Memiliki hati bagai emas murni

BACAAN HARI INI
Galatia 5:16-25

RHEMA HARI INI
Galatia 5:22-23a Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

Jika disuruh memilih antara emas 18 Karat, 20 Karat, 22 Karat, dan 24 Karat, orang-orang pasti memilih yang terakhir. Mengapa? Karena kadar kemurniannya paling tinggi. Emas jenis ini hampir tidak mengandung campuran logam lainnya, sehingga warnanya tidak mudah pudar dan memiliki nilai yang tinggi.

Demikian juga dengan hati manusia. Tuhan ingin kita memiliki hati yang murni, suci, dan kudus. Sebab Allah itu kudus. Hanya dengan hati yang suci, kita bisa melihat Allah, dan bisa menyaksikan penggenapan rencana-Nya, manifestasi-Nya, kuasa-Nya, serta kemuliaan-Nya. Seperti emas murni yang tidak mengandung campuran logam lainnya, dalam hidup orang yang hatinya suci, yang tampak hanyalah buah-buah roh dan tidak bercampur dengan hal-hal yang tidak baik. Buah-buah roh dari seseorang bisa dilihat dari cara hidupnya sehari-hari. Ia pasti memiliki karakter penuh kasih yang membuatnya suka menolong orang lain, selalu bersukacita, tidak mudah kuatir, dan dipenuhi damai sejahtera yang membuatnya tidak mudah gelisah. Ia lebih sabar, tidak mudah marah, murah hati, suka memberi, serta tidak mementingkan diri sendri. Ia juga baik, setia, lemah lembut, dan bisa menguasai dirinya sehingga tidak menuruti keinginan daging.

Kalau sampai hari ini hidup kita belum menghasilkan atau hanya menghasilkan sedikit buah-buah roh, mungkin itu disebabkan karena kita belum menyerahkan hati kita sepenuhnya untuk disucikan Allah. Segera mohon ampun kepada Tuhan dan minta agar Roh Kudus memenuhi diri kita. Semakin kita dipenuhi Roh Kudus, hati kita pun semakin suci. Semakin banyak kesucian Allah mendominasi hati kita, maka buah-buah roh yang bermunculan dalam hidup kita pun semakin banyak. Pribadi kita akan semakin serupa dan segambar dengan Allah. Kita akan memandang dunia ini dengan cara yang berbeda dan melihat perubahan dalam hidup kita sendiri. Orang lain pun dapat melihat perbedaan yang nyata dalam hidup kita dan mengakui pekerjaan Allah atas kita. Dengan demikian, melalui hidup kita, nama Allah pun semakin dipermuliakan.

RENUNGAN
Berbahagialah orang yang HATINYA BAGAI EMAS MURNI dan DIDOMINASI KESUCIAN ALLAH, karena hidup mereka akan dipenuhi BUAH-BUAH ROH

APLIKASI
1. Apakah hidup Anda dipenuhi dengan buah-buah roh? Buah-buah roh apa saja yang sudah dihasilkan oleh hidup Anda?
2. Bagaimana buah-buah roh itu bisa timbul dalam hidup kita?
3. Apa yang dapat Anda lakukan agar hidup Anda dipenuhi dengan buah-buah Roh?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, sucikanlah hati kami dan penuhi dengan Roh Kudus, sehingga hidup kami dipenuhi dengan buah-buah roh dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kejadian 22-24

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.