Tugas peace maker

BACAAN HARI INI
Roma 12: 9- 21

RHEMA HARI INI
Roma 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Riana adalah anak bungsu dari delapan bersaudara. Riana juga memiliki seorang ibu berusia 80 tahun yang dirawat kakaknya di Solo. Namun, kakak Riana ini terlalu disibukkan oleh kesenangannya sendiri, sehingga ibunya tidak terurus. Hal ini menimbulkan konflik di antara kakak-kakaknya. Akhirnya, Riana yang bekerja di Jakarta harus berhenti dan pulang ke Solo. Setiba di rumah, ia menyadari kondisi keluarganya lebih gawat daripada bayangannya. Kasih di antara mereka sudah dingin dan setiap hari ada saja yang mereka ributkan. Mereka bukan hanya membiarkan Riana merawat ibu mereka sendirian, tetapi juga selalu mencari-cari kesalahannya. Hampir saja ia ikut-ikutan bertengkar dengan para kakaknya. Namun, Roh Kudus mengingatkannya untuk mengasihi mereka apa pun kondisinya. Akhirnya, ia selalu membalas kata-kata kakaknya yang kasar dengan lembut. Tak jarang, ia pun menanyakan keadaan rumah tangga kakak-kakaknya atau pekerjaan mereka. Lama-kelamaan, perhatian Riana yang tulus dan kelembutannya membuat para kakaknya luluh. Mereka tidak lagi mudah terpancing emosinya dan bahkan mulai mengenal Yesus melalui Riana.

Mungkin saat ini Anda juga sedang menghadapi konflik. Dalam situasi seperti itu, memang lebih mudah bagi kita untuk terbawa emosi dan membalas orang yang menyakiti kita. Namun, sebagai anak-anak Allah, kita memiliki suatu tugas. Tugas itu sebagai Peacemaker yang membawa damai ke mana pun dan di mana pun kita berada. Sekalipun yang lainnya membawa kekacauan, kita tidak ikut terbawa di dalam kekacauan itu, tetapi kita justru membawa damai sejahtera Allah ke dalam kekacauan.

Jangan kuatir, ketika Tuhan memberikan kita tugas, Dia juga telah memperlengkapi kita. Dia telah mengutus Sumber dari damai sejahtera, yaitu Roh Kudus, untuk berdiam dalam diri kita. Jika kita menyerahkan kendali hati kita ke dalam tangan-Nya dan tunduk pada tuntunan-Nya, maka Tuhan dapat memakai kita sebagai alat-Nya untuk membawa damai sejahtera-Nya ke dunia yang kacau ini.

RENUNGAN
TUGAS PEACEMAKER adalah MEMBAWA DAMAI SEJAHTERA ALLAH ke dalam kekacauan yang terjadi dan MENEDUHKAN SUASANA

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan peacemaker atau pembawa damai? Apa yang menjadi tugas seorang peacemaker?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda menjadi peacemaker?
3. Bagaimana Anda dapat membawa damai sejahtera Allah ke dalam kekacauan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, penuhilah hati kami dengan damai sejahtera-Mu yang melampaui segala akal, sehingga kami dapat menjadi seorang peacemaker di mana pun kami ditempatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Kejadian 32-34

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.