Hidup dalam tuntunan Tuhan

BACAAN HARI INI

Keluaran 33:12-17

RHEMA HARI INI

Keluaran 33:14 Lalu Ia berfirman: “Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu.”

Memimpin bangsa yang besar bukanlah perkara kecil. Apalagi jika bangsa itu mudah memberontak. Di tengah perjalanan dari Mesir ke Tanah Perjanjian, umat Israel sempat membuat dosa besar dengan membuat patung anak lembu emas untuk disembah. Hal ini rupanya membuat Musa merasa gagal menunaikan tugas dari Tuhan. Ia semakin merasa tidak sanggup menanggung beratnya beban di pundaknya. Ketika Allah memintanya memimpin bangsa Israel melanjutkan perjalanan, ia pun memohon kasih karunia-Nya. Musa mengatakan bahwa ia hanya mau berangkat bila Tuhan sendiri yang menyertai mereka. Allah mengetahui kegelisahan hati Musa. Dia pun berfirman bahwa Dia sendiri yang akan membimbing Musa.

Seperti Musa, ketika kita merasa begitu tidak berdaya, kita pun menyadari betapa pentingnya tuntunan Tuhan. Kita ingin Tuhan menunjukkan jalan-Nya, agar kita yakin ke mana harus melangkah. Namun, jika kita ingin Tuhan menuntun hidup kita, maka kita juga harus merelakan hati untuk mengikuti-Nya. Sebab tidak selamanya Tuhan menuntun kita di jalan yang rata. Ada saat-saatnya Dia akan membawa kita melewati tanah berbatu-batu dan bahkan bukit yang terjal. Namun, ke mana pun Dia memimpin kita, percayalah bahwa Tuhan telah menjanjikan rancangan damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan (Yer. 29:11).

Untuk benar-benar mengalami penggenapan janji Tuhan, kita harus mau berjuang. Sebab anugerah keselamatan dari Tuhan itu memang gratis, tetapi untuk mengalami penggenapan janji-Nya, ada harga yang harus dibayar. Bukalah hati dan singkirkan hati yang keras. Biarkan Tuhan mempersiapkan kita bagi rencana besar-Nya. Sesulit apa pun kita memahami apa yang Tuhan sedang lakukan dalam hidup kita, janganlah bersandar pada pengertian kita sendiri. Bila kita setia dalam tuntunan-Nya, Dia akan selalu menopang dan memberi kekuatan kepada kita. Bersama Dia, kita akan melihat perkara-perkara yang dahsyat dan ajaib. Kita pun akan menyaksikan kebangkitan dalam keuangan, kesehatan, rumah tangga, studi, pekerjaan, pelayanan, dan gereja kita. Ingatlah, Tuhan hanya akan membawa pribadi yang siap mengalami penggenapan janji-Nya.

RENUNGAN

Jika kita terus HIDUP DALAM TUNTUNAN TUHAN yang ajaib, maka kita pasti akan mengalami KEAJAIBAN serta PERKARA YANG DAHSYAT DARI TUHAN

APLIKASI

  1. Apakah artinya hidup dalam tuntunan Tuhan? Apakah pengaruhnya dalam setiap aspek kehidupan Anda?
  2. Mengapa Anda perlu hidup dalam tuntunan Tuhan?
  3. Sudahkah Anda berusaha untuk terus hidup dalam tuntunan Tuhan? Tuliskan usaha yang sudah atau dapat Anda lakukan!

DOA UNTUK HARI INI

“Ya Bapa, kami sadar bahwa kekuatan dan kemampuan kami bukanlah apa-apa bila hadirat-Mu tidak ada di tengah-tengah kami. Biarlah Engkau sendiri yang membimbing kami dan memberi ketenteraman dalam hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.