Hidup sebagai ahli waris dan tentara Allah

BACAAN HARI INI

Roma 8:14-28

RHEMA HARI INI

Roma 8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Ricardo Kaká lahir di Brasil pada tahun 1982. Saat menginjak usia remaja, ia bergabung menjadi salah satu pemain di klub sepak bola di San Paulo. Namun sayangnya, pada usianya yang ke-18, ia mengalami kecelakaan di kolam renang dan tulang belakangnya patah cukup parah. Dokter mengatakan ia tidak akan bisa lagi bermain bola, bahkan ia mungkin bisa lumpuh. Menurut dokter, tidak ada satu pun tindakan medis yang dapat menyembuhkannya seperti sedia kala. Luar biasanya, Kaká tidak patah semangat. Ia datang kepada Tuhan dan bernazar bahwa bila ia sembuh, ia akan mempersembahkan seluruh prestasinya untuk kemuliaan-Nya. Benar saja, dengan keputusannya untuk melangkah bersama Yesus, dan disertai dengan usaha keras untuk memulihkan kondisi fisiknya, hanya dalam setahun ia dapat kembali bermain di lapangan bola. Tak sekedar menjadi pemain biasa, ia bahkan berhasil membawa negaranya memenangkan Piala Dunia 2002. Dalam parade kemenangannya, Kaká membuka seragamnya dan dibaliknya ada kaus bertuliskan “I BELONG TO JESUS”.

Seberapa banyak dari kita yang terintimidasi vonis dunia dan menjadi lemah? Secara manusia, sangatlah normal kalau kita merasa tidak berdaya, tetapi hendaknya kita tidak melupakan jati diri kita. Sebagai orang Kristen, kita tidak hanya menyandang predikat anak Allah, tetapi juga tentara Tuhan. Hal itu berarti kita juga mengemban tanggung jawab yang besar untuk mempermuliakan Bapa dan Raja kita.

Apa pun vonis yang kini sedang Anda hadapi, janganlah gentar ataupun berkecil hati. Ingatlah status diri kita. Ketika Roh Allah berkuasa sepenuhnya atas hidup kita, janji-janji Tuhan itu otomatis kita terima. Namun tidak secara cuma-cuma. Pasti akan ada rintangan dan cobaan yang akan kita alami. Akan tetapi, hendaknya kita jangan menjadi pengecut. Kita harus berani untuk bayar harga dan berjuang bersama Yesus, maka pemulihan dan mujizat itu pasti kita terima. (DJW)

RENUNGAN

JANJI ALLAH hanya akan kita terima jika kita MENDERITA BERSAMA-SAMA DENGAN DIA, sebab status kita bukan hanya anak tetapi juga TENTARA-NYA

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda sungguh-sungguh menjalani hidup Anda selayaknya anak dan tentara Allah? Mengapa selain sebagai anak, Anda juga adalah tentara-Nya?
  2. Bagaimana agar Anda dapat menjadi anak Allah sekaligus tentara yang berkenan di hadapan-Nya?
  3. Apakah yang akan Anda lakukan agar janji-Nya dapat digenapi dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ampuni kami karena kami sering melupakan jati diri kami yang sebenarnya dan memilih untuk lebih mempercayai dunia. Tinggallah dalam hati kami dan tolong kuatkan serta teguhkan hati kami, ya, Roh Kudus. Supaya kami beroleh hati yang tegar, yang berani berjuang untuk bayar harga, dan melangkah bersama-Mu. Sehingga kami boleh memuliakan nama-Mu lewat janji-janji dan rencana-Mu yang tergenapi dalam hidup kami. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.