Transformasi dari anak gampangan menjadi tentara Allah

BACAAN HARI INI
Ibrani 12:1-11

RHEMA HARI INI
Ibrani 12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Sejak kecil, Larry Alford hidup dan bernafas dengan olahraga golf. Saat remaja, ia dianggap sebagai salah satu dari 16 besar pegolf muda berprestasi di Amerika. Sampai ia mengalami kecelakaan mobil di awal tahun seniornya di SMA. Lengan kirinya pun harus diamputasi tepat di bawah siku. Kehilangan makna hidup, Larry lari pada alkohol dan wanita. Namun, kekosongan hatinya mendorongnya kembali pada Tuhan. Ia menyadari, ia bisa saja memilih menyerah dan menyalahkan Tuhan, tetapi ia memutuskan untuk memiliki sikap yang benar dan bangkit kembali. Tuhan pun menjawabnya dengan tangan palsu yang dirancang khusus untuknya. Setelah melalui latihan yang tidak mudah selama beberapa waktu, ia pun kembali ke turnamen golf dan memiliki karier yang gemilang. Bukan hanya itu, Larry juga berkeliling untuk membagikan kesaksiannya. Ia menyemangati banyak orang untuk mengenali talenta pemberian Tuhan dan mengembangkannya, tidak peduli sesulit apa pun kenyataan yang menghadang mereka.

Boleh jadi kita memiliki predikat sebagai anak Tuhan, tetapi Tuhan bukanlah Bapa yang memanjakan anak-anak-Nya. Dia tidak ingin kita menjadi anak yang hanya bisa meminta dan mengeluh ketika tidak mendapatkan keinginannya. Tuhan tidak ingin membiarkan kita dalam keadaan yang gampang kecewa, gampang menyerah, gampang terluka, atau gampang meragukan-Nya. Dia ingin kita menjadi anak-anak-Nya yang dewasa. Menjadi tentara-tentara Allah yang siap dipakai untuk melakukan perkara-perkara besar.

Apa pun yang terjadi, jangan pernah ragukan besar kasih-Nya kepada kita. Terkadang Tuhan gunakan permasalahan untuk mengubah kita dari anak gampangan menjadi tentara-Nya. Sebagai anak Tuhan, kita mendapatkan fasilitas-fasilitas “first class”; tetapi sebagai tentara Allah, kita harus menjadi pribadi yang kuat. Sebanyak fasilitas yang Tuhan berikan kepada anak-Nya, sejumlah itu juga tanggung jawab yang kita emban sebagai tentara-Nya. Jangan bertahan pada posisi “anak gampangan”, tetapi marilah kita bertransformasi menjadi tentara Allah yang kuat, maka kita akan melihat penggenapan janji-janji Tuhan. Amin.

RENUNGAN
Saat kita BERTRANSFORMASI dari anak gampangan menjadi TENTARA ALLAH YANG KUAT, maka kita dapat MENGALAMI PENGGENAPAN JANJI-NYA

APLIKASI
1. Apakah selama ini Anda sudah menjadi tentara Allah atau masih menjadi anak gampangan? Mengapa?
2. Apa yang membedakan anak gampangan dengan tentara Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat mendorong diri Anda sendiri menjadi tentara-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami percaya janji-Mu adalah pasti. Kami tidak lagi ingin menjadi anak yang hanya selalu meminta. Ini kami, Tuhan, pakailah kami untuk melakukan apa yang ingin Engkau kerjakan melalui kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Keluaran 25-27

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.