Menjaga kerendahan hati

BACAAN HARI INI

1 Petrus 5:1-11

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

10 April 1912, RSM Titanic sebagai kapal uap termewah dan terbesar di dunia siap mengarungi samudera raya untuk pertama kalinya. Titanic sengaja dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai hotel tingkat atas yang mengapung di lautan. Untuk para penumpang kelas satu dan kelas dua disediakan fasilitas kolam renang, gimnasium, lapangan squash, sauna, dan tempat refleksi. Selain itu ada ruang bersantai dengan gaya kerajaan, perpustakaan, restoran serta café-café mewah, bahkan telegraf. Badan Titanic sendiri pun dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan keamanannya dijamin. Seorang awak kapal sempat mengatakan, “Tuhan pun tidak dapat menenggelamkan kapal ini.” Jelas banyak orang mengharapkan Titanic memiliki masa depan yang cerah dan panjang.

Namun, empat hari kemudian, Titanic menghantam gunung es di lautan Altantik. Dari seluruh fasilitas yang ada, kapal tersebut hanya mengangkut 20 sekoci dari 64 sekoci yang seharusnya. Akibatnya, dari 2.224 penumpang dan awak kapal, hanya sekitar 705 jiwa yang selamat. Sejak itu, Titanic tak ubahnya bagai Menara Babel yang melambangkan kesombongan manusia.

Kesombongan adalah suatu perasaan yang menilai diri lebih dari orang lain, bahkan menganggap rendah orang lain. Orang yang sombong akan suka menonjolkan dirinya dan lupa bahwa semua yang dimiliki adalah anugerah pemberian Tuhan. Bagi orang sombong, Tuhan semakin kecil dan dia yang semakin besar. Biasanya orang yang rawan diserang dalam hal kesombongan adalah orang yang punya potensi dan talenta yang hebat. Berhati-hatilah, kesombongan adalah awal dari kejatuhan. Iblis tidak suka anak-anak Tuhan memakai potensinya bagi kemuliaan Tuhan. Ia akan menebarkan dan menanamkan benih kesombongan dalam hati kita, sehingga akhirnya potensi tersebut mati. Oleh karena itu, jika kita mau potensi kita terus berkembang, teruslah jaga kerendahan hati, maka Tuhan akan mengembangkan potensi kita dan iblis tidak bisa lagi menghalangi rencana Tuhan bagi kita. Jadilah tentara Allah yang selalu menyadari semua yang ada dalam hidup kita hanyalah anugerah dan karya Tuhan semata. (LEW)

RENUNGAN

Jagalah KERENDAHAN HATI, sebab kesombongan membutakan kita terhadap ANUGERAH PEMBERIAN TUHAN dan akhirnya MEMATIKAN POTENSI kita

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda menyadari semua yang Anda miliki adalah anugerah Tuhan saja?
  2. Mengapa Anda perlu menjaga kerendahan hati Anda?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk selalu menjaga kerendahan hati dan tidak sombong?

DOA UNTUK HARI INI

“Terima kasih Tuhan untuk setiap potensi dan talenta yang sudah Engkau berikan kepada kami. Ajarilah kami untuk tetap rendah hati dan tidak menyombongkan diri kami. Semua yang kami miliki adalah anugerah-Mu saja Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.