Menjadi tentara yang mau dipakai-Nya

BACAAN HARI INI
Amsal 3:1-8

RHEMA HARI INI
Amsal 3:3-4 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

Ada sebuah film yang mengangkat kisah nyata dari kehidupan Desmond Doss, tentara muda Amerika pada Perang Dunia II. Ketika Desmond ingin menjadi tentara, ia harus melewati serangkaian tes, baik uji kepandaian, kesehatan, maupun fisik. Selain itu, ia masih harus melalui pelatihan fisik, ketaatan, dan kedisiplinan yang sangat ketat. Namun, di tengah perjalanan, Desmond mengalami berbagai hukuman karena keputusannya untuk tetap berpegang teguh pada perintah Tuhan untuk tidak membunuh. Ia menolak untuk membawa senjata. Apa yang dilakukannya itu dianggap suatu pembangkangan yang merupakan suatu pelanggaran dengan konsekuensi yang sangat berat dalam dunia militer. Namun demikian, tak sekali pun pendiriannya goyah. Singkat cerita, pada akhirnya ia ditugaskan menjadi paramedis, sehingga ia dapat menyelamatkan hidup puluhan tentara lainnya. Bahkan, karena apa yang dilakukannya itu, tentara Amerika dapat merebut kembali Hacksaw Ridge dari tangan Jepang. Sepulangnya dari medan perang, Desmond pun diberi penghargaan “Medal of Honor”. Kesaksian hidup Desmond ini telah menginspirasi dan mengubahkan hidup banyak orang.

Saat ini, api kebangunan rohani sedang bergerak dan Tuhan mencari-cari umat yang mau menyerahkan hidupnya menjadi tentara Allah. Namun, untuk dapat turut serta dalam kegerakan Roh, dibutuhkan perjuangan yang bahkan melebihi tentara di dunia. Kita harus berjuang melawan roh-roh jahat dan kedagingan kita untuk senantiasa tetap setia dan taat kepada-Nya.

Sebagai manusia biasa, hal itu pasti terdengar berat. Akan tetapi, selama kita mau, Tuhan pasti akan memampukan kita. Yang Dia lihat hanyalah kesungguhan hati kita. Hati yang berani bayar harga menghadapi setiap proses dan tantangan, sehingga kita benar-benar dapat masuk kualifikasi sebagai tentara Allah. Jadi, marilah kita berlomba-lomba untuk dapat menjadi tentara militan-Nya. Tuhan bisa memakai siapa saja, karena bukan kuantitas banyaknya jumlah orang yang Tuhan butuhkan, melainkan kualitas hati setiap kita yang sungguh-sungguh mau berperang bagi-Nya. Jangan sampai kita ketinggalan momen revival besar dari Tuhan. Segera daftarkan diri menjadi tentara-Nya, maka kita pun akan dipakai menjadi alat-Nya. (DJW)

RENUNGAN
Tuhan lebih membutuhkan hati SEORANG TENTARA YANG MAU DIPAKAI-NYA ketimbang RIBUAN ANAK-ANAK GAMPANGAN

APLIKASI
1. Menurut Anda, apa sajakah kriteria untuk dapat menjadi tentara Allah? Sudahkah Anda memenuhi kriteria tersebut?
2. Mengapa Allah mencari hati yang setia, taat, dan sungguh-sungguh mau dipakai-Nya?
3. Apa yang dapat Anda lakukan agar dapat menjadi tentara Allah yang militan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami ingin dapat menjadi tentara-Mu. Kami mau belajar untuk berani bayar harga dan berjuang tetap setia agar kami bisa lolos dalam kualifikasi-Mu, ya, Tuhan. Tolong mampukan kami, ya, Bapa, karena kami sadar kami tidak bisa tanpa-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 1-2

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.