Hidup yang menghasilkan buah roh

BACAAN HARI INI
Lukas 8:5-15

RHEMA HARI INI
Lukas 8:11 Inilah arti perumpamaan itu: Benih itu ialah firman Allah.

Kekristenan tidak pernah terlepas dari firman. Setiap kali kita ke gereja, pasti ada firman yang disampaikan sebagai dasar khotbah. Jika kita dimuridkan, membaca firman adalah suatu keharusan. Mengapa firman begitu penting dalam hidup seorang Kristen? Hal ini karena, jika kita ingin perubahan terjadi dalam hidup kita, maka harus ada buah Roh yang dihasilkan dalam hidup kita terlebih dahulu. Buah Roh ini berasal dari benih ilahi, yaitu firman yang ditabur di ladang hati kita. Bukan sekedar firman, tetapi firman yang diurapi Roh Kudus menjadi rhema. Setiap kali kita membaca dan merenungkan firman, kita memberikan pupuk terbaik untuk mempercepat perkembangan benih tersebut menjadi buah Roh. Itulah sebabnya, tanpa firman tidak akan ada buah Roh.

Buah Roh yang pertama-tama nyata terlihat adalah perubahan watak atau karakter. Yang tadinya memiliki sifat tidak baik dan bagaikan padang gurun yang dihindari orang, diubahkan Tuhan menjadi kebun buah yang banyak dicari orang. Yang tadinya kasar menjadi lemah lembut dan penuh kasih. Anak yang memberontak menjadi penurut dan hormat pada orangtua. Istri yang suka marah menjadi istri yang tunduk pada suami. Pelajar yang malas menjadi rajin dan berprestasi. Akibatnya, perubahan ini pun akan membawa perubahan-perubahan lain dalam hidup. Suasana dalam keluarga yang tadinya panas berubah menjadi sejuk seperti hutan dengan pohon yang rindang. Usaha dan pekerjaan yang tadinya kering seperti padang pasir menjadi berhasil luar biasa. Kehidupan rohani yang mandul pun mulai menghasilkan buah yang lebat, yaitu jiwa-jiwa yang terhilang.

Hidup yang dipenuhi Roh Kudus dan firman ini akan menjadi aktif. Kita akan rindu berbuat sesuatu bagi Tuhan untuk membalas cinta kasi-Nya. Bukan hanya tergerak, tetapi sungguh-sungguh bergerak dan berjuang. Melalui hidup kita yang diubahkan oleh buah Roh, pemulihan terjadi, keluarga kita dipertobatkan, teman-teman kita kenal Yesus, dan orang-orang di sekeliling kita menerima anugerah keselamatan dalam Kerajaan Surga. Bahkan, kebangunan rohani besar-besaran akan Tuhan kerjakan. (PF)

RENUNGAN
Syarat pertama agar hidup kita bisa MENGHASILKAN BUAH ROH adalah DIPENUHI ROH KUDUS dan FIRMAN

APLIKASI
1. Sudahkan Anda mempunyai waktu khusus setiap hari untuk merenungkan dan membaca firman?Mengapa Anda perlu melakukannya?
2. Sudahkah Anda menghasilkan buah Roh yang mengubahkan hidup Anda?
3. Kira-kira, buah Roh apa yang ingin Tuhan hasilkan dalam situasi hidup Anda sekarang ini?
4. Anda tergerak melakukan apa untuk membalas cinta kasih Tuhan? Tuliskan.

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih firman-Mu telah menyelamatkan dan mengubahkan hidup kami. Biarlah setiap benih ilahi yang ditabur dalam hati kami berbuah dengan subur. Memberi berkat bagi orang-orang di sekitar kami. Kami percaya, Bapa, kebangunan rohani yang dasyat akan melanda kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Bilangan 8-10

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.