Sukacita yang sejati

BACAAN HARI INI

Mazmur 16:8-11

RHEMA HARI INI

Mazmur 16:11 Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Hari ini ada rapat mendadak di kantor Marlina dan ia baru bisa pulang sekitar jam sembilan malam. Dalam perjalanan, ia teringat asisten rumah tangganya cuti tiga hari. Terbayang tumpukan pekerjaan rumah yang harus ia selesaikan. Begitu sampai di rumah, Marlina disambut oleh anak semata wayangnya yang berkata bahwa ia lapar. Marlina pun masuk ke rumah dan bertemu suaminya yang sedang asyik dengan ponselnya. Rupanya ia juga baru selesai bekerja. Marlina merasa ingin menangis. Ia sudah sangat lelah seharian bekerja dan apa yang dilihatnya membuatnya merasa jengkel. Alih-alih melampiaskan kemarahannya, ia pergi ke dapur, memutar lagu-lagu rohani, dan membuatkan makanan. Semangatnya mulai kembali dan emosinya mereda, bahkan Marlina sempat bercanda dan mengobrol hangat dengan anak dan suaminya.

Apa yang akan kita hadapi dan temui sepanjang hari sering kali merontokkan semangat dan membuat kita kehilangan sukacita dan damai sejahtera. Namun, perlu kita ketahui , buah Roh sukacita, diambil dari bahasa aslinya yaitu CHARA, berasal dari roh, bukan dari jiwa. Roh bicara tentang hati. Jadi chara adalah sukacita yang berasal dari dalam diri kita, bukan sukacita yang berasal dari luar. Dengan demikian, apa pun keadaan di luar sana, seharusnya tidak memengaruhi sukacita kita. Sukacita yang seperti ini, sejatinya bersumber dari persekutuan yang intim dengan Roh Kudus.

Mulailah hari dengan mencari hadirat Tuhan sejak dari bangun tidur. Dalam hadirat-Nya, Roh Kudus akan mengimpartasikan sukacita-Nya untuk mengalir dalam hati kita. Tidak akan ada lagi tempat bagi kesedihan, ketakutan, kegelisahan, dan kemarahan dalam hati kita. Semua akan digantikan dengan sukacita melimpah di dalam Roh Kudus. Puji Tuhan, gereja kita diperlengkapi dengan sarana yang lengkap, kita bisa mengunduh aplikasi Keluarga Allah. Kita bisa mendapatkan firman, renungan, lagu rohani, dan semua yang kita butuhkan dengan mudah. Sepanjang hari kita bisa ada dalam hadirat Tuhan yang penuh dengan sukacita sorgawi dan hidup kita akan menjadi berkat bagi sesama. (PF)

RENUNGAN

SUKACITA SEJATI bersumber dari PERSEKUTAN INTIM kita dengan ROH KUDUS

APLIKASI

  1. Apakah Anda sering menghadapi situasi yang membuat Anda lemah secara rohani?
  2. Alasan apa saja yang membuat kita bisa bersukacita di dalam Kristus Yesus?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat sukacita Anda kembali?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih Engkau begitu mengasihi kami. Berkat-Mu melimpah dan kasih setia-Mu tidak pernah meninggalkan kami. Penuhi hati kami, ya, Bapa, dengan sukacita Roh Kudus-Mu. Penuhi, penuhi sampai meluap-luap, hingga semua masalah dan persoalan kami habis lenyap dilanda luapan sukacita-Mu yang dahsyat dan penuh kuasa. Terima kasih, Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.