Rahasia hidup dalam damai sejahtera

BACAAN HARI INI
Roma 8:24-32

RHEMA HARI INI
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Nathaniel pulang dengan remuk hati. Bagaimana ia bisa memberi tahu istrinya, Sophia, bahwa ia baru saja dipecat dari pekerjaannya di kantor pabean? Namun, istrinya malah menanggapi dengan tenang, “Sepertinya Tuhan punya rencana dengan peristiwa ini.” Sebagai istri yang baik, Sophia menyadari suaminya mengesampingkan cita-citanya sebagai penulis demi menghidupi keluarga mereka. Ia pun kembali berkata, “Cukup lama aku berdoa, dan Roh Kudus mengatakan kau akan sukses besar saat kau punya waktu untuk menulis bukumu. Sekarang, kau bisa mulai menulis buku itu!” Saat Natahniel menguatirkan biaya hidup mereka, Sophia langsung menuju sebuah laci dan menarik sejumlah besar uang. Rupanya, selama ini ia telah menyisihkan biaya hidup mereka sedikit demi sedikit. Uang itu cukup untuk biaya hidup mereka selama setahun lebih. Meski karya-karya Nathaniel Hawthorne sebelumnya kurang diterima pasar, ia pun kembali mengangkat penanya. Setahun kemudian, ia memublikasikan novel “The Scarlet Letter” yang membuat namanya terkenal, bahkan sampai ke luar negeri.

Bagi anak Tuhan, setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita tidak terlepas dari campur tangan Tuhan. Sering kali peristiwa-peristiwa yang menyesakkan justru dipakai Tuhan untuk membalikkan keadaan. Jangan sampai membuat kita kuatir berlebihan atas setiap masalah yang terjadi. Belajar melihat dan berpikir dengan dewasa tentang apa yang Tuhan sedang kerjakan dalam hidup kita. Jangan beri kesempatan kekuatiran menguasai hati kita dengan terus-menerus melihat besarnya permasalahan yang kita hadapi.

Percayalah bahwa Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi kita. Berendamlah dalam damai sejahtera Allah. Percayailah janji-Nya. Dia akan membawa kita naik, bukan turun; menjadikan kita kepala, bukan ekor; membawa kita dari kemuliaan kepada kemuliaan; dan memberi kita masa depan yang penuh harapan dan hidup yang berlimpah dengan damai sejahtera. Bahkan, Tuhan bukan hanya merancangkan kebaikan kita sendiri. Apa yang direncanakan-Nya bagi kita adalah bagian dari rencana besar-Nya untuk mendatangkan revival di mana Dia telah menempatkan kita.

RENUNGAN
RAHASIA hidup dalam DAMAI SEJAHTERA adalah belajar MELIHAT Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk MENDATANGKAN KEBAIKAN

APLIKASI
1. Apa yang dimaksud dengan melihat Allah turut bekerja dalam segala perkara?
2. Mengapa Anda perlu belajar melihat Allah bekerja dalam situasi yang Anda hadapi?
3. Langkah-langkah apa saja yang dapat Anda ambil untuk dapat hidup damai sejahtera?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau tidak pernah meninggalkan kami. Kami percaya, sesulit apa pun perkara yang tengah kami hadapi, semua itu tidak luput dari pekerjaan tangan-Mu. Engkau terlebih dari sanggup membuat segala sesuatunya menjadi baik bagi kami. Kami pun percaya, apa yang hendak Engkau adakan dalam hidup kami akan berdampak luas bagi orang-orang di sekeliling kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ulangan 11-13

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.