Kesabaran yang mendatangkan penggenapan janji Tuhan

BACAAN HARI INI
Amsal 13:1-14

RHEMA HARI INI
Amsal 13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

Tak dapat dipungkiri, kesabaran adalah salah satu kunci utama dalam memperoleh janji Tuhan. Namun, kalau kita tidak hati-hati, sementara bersabar menantikan Tuhan, kemalasan bisa menyusupi hati kita. Hal itu terjadi ketika kita tahu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mencapai sesuatu, tetapi kita terlalu banyak pertimbangan. Mungkin kita merasa kurang mampu atau terlalu banyak hal yang harus dilakukan. Bisa juga karena hasilnya tidak pasti atau waktunya kurang tepat. Atau sebaliknya, kita merasa lebih baik menggunakan energi dan kemampuan kita untuk hal-hal yang lebih besar dan hebat. Kemudian, sembari menunggu-nunggu kesempatan itu datang, kita menjalani hidup dengan santai.

Satu hal yang perlu kita sadari, berserah kepada Tuhan bukan berarti tidak perlu melakukan apa-apa. Ketika Tuhan menjanjikan sesuatu dan meminta kita menantikan-Nya, Dia tidak pernah menyuruh kita untuk duduk berpangku tangan. Jika kita menunggu segala sesuatunya sempurna dahulu, maka kita tidak akan pernah bisa mengerjakan apa-apa. Karena kita tidak memulainya, maka kita pun tidak akan menikmati manisnya buah dari hasil usaha kita.

Kebenarannya adalah, sehebat apa pun skill dan talenta kita, tidak ada yang bisa sukses dalam satu kali usaha. Jangan terlalu banyak beralasan, mulailah melakukan hal-hal kecil yang Tuhan letakkan di depan kita. Kita tidak pernah tahu bagaimana Tuhan membuat hal-hal yang tampak tak berarti menuntun kita ke dalam rencana besar-Nya. Yakinlah, Tuhan melihat segala usaha kita. Lanjutkan hal-hal baik yang tengah kita lakukan, maka kita akan melihat bagaimana rencana Tuhan tergenapi dalam hidup kita. Ya, ketika kita setia pada perkara-perkara kecil, maka Dia pun akan mempercayakan hal-hal besar pada kita. Bahkan Tuhan akan mempercayakan perkara-perkara yang akan menyulut kebangunan rohani melalui hidup kita. Oleh karena itu, bergeraklah! Justru ketika kita lamban dan malas, kita akan ketinggalan waktu-Nya Tuhan. (MV.L)

RENUNGAN
SABAR tidak berarti LAMBAN dan tidak sama dengan MALAS; tetaplah TEKUN dan RAJIN, maka kita akan mengalami PENGGENAPAN JANJI TUHAN

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda mendefinisikan kesabaran dalam menantikan janji Tuhan selama ini? Adakah hal yang Anda tunda-tunda sekarang ini?
2. Mengapa Anda perlu bergerak aktif ketika menantikan jani Tuhan tergenapi?
3. Bagaimana Anda dapat mendorong diri Anda untuk mulai bergerak dan melakukan hal-hal yang Tuhan ingin agar Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami apabila kami sering menunda-nunda dalam melakukan sesuatu. Mulai sekarang, kami ingin bergerak dan terus bergerak sampai janji-Mu tergenapi dalam hidup kami. Biarlah melalui apa yang kami lakukan, kami juga bisa turut ambil bagian dalam revival yang sedang Engkau kerjakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.