Karakter DNA sorgawi

BACAAN HARI INI

2 Korintus 8:1-12

RHEMA HARI INI

2 Korintus 8:2 Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.

Terkadang memberi itu tidak mudah, terutama ketika kita sendiri sedang dalam kondisi membutuhkan. Dunia ini pun mengajarkan agar kita memperhatikan diri sendiri terlebih dahulu. Kalau kita memiliki kelebihan, baru kita boleh memikirkan apa yang bisa kita berikan kepada orang lain. Betapa berbedanya dengan firman Tuhan yang banyak mengajarkan supaya kita mendahulukan kepentingan orang lain.

Bersangkutan dengan hal ini, kita patut meneladani Jemaat Makedonia. Dalam salah satu suratnya, Paulus memuji-muji kemurahan hati mereka. Ia pun menekankan bahwa kemurahan mereka bukan karena hidup mereka berkelebihan, tetapi justru mereka sangat berkekurangan. Namun, dengan hati yang rela, mereka memberi melampaui kemampuan mereka. Mereka bahkan mendesak Paulus untuk menerima pemberian mereka. Hati mereka begitu dipenuhi kerinduan untuk membalas cinta kasih Bapa. Tampak jelas sekali bagaimana buah Roh kemurahan itu tumbuh lebat dalam hidup mereka.

Kalau kita mau, kita pun bisa memiliki hati yang dilimpahi kemurahan seperti Jemaat Makedonia. Ketika kita terlahir baru dalam Kristus, benih kemurahan itu sudah tercetak dalam karakteristik DNA sorgawi kita. Tergantung apakah kita mau memfungsikannya atau tidak. Jika kita belajar bermurah hati di saat kita sendiri membutuhkan kemurahan, ketika itulah DNA kemurahan tersebut teraktifkan. Bukan hanya tentang hal materi, kita juga bisa bermurah hati dengan memberi pertolongan, pengampunan, waktu, tenaga, pikiran, dan juga doa. Semakin sering kita mempraktikkannya, Tuhan pun akan berkarya, sehingga buah Roh kemurahan bertumbuh lebat dan kita pun bangkit dalam kemurahan hati. Apa yang tadinya terasa sulit, akan menjadi hal yang alamiah. Hati kita semakin serupa dengan Bapa dan perbuatan kita mencerminkan kemurahan hati-Nya bagi sekitar kita. Jiwa-jiwa yang Tuhan tempatkan di sekeliling kita akan tersentuh karena kemurahan yang Tuhan kerjakan dalam diri kita. Sampai kerohanian mereka pun terbangkitkan dan revival yang kita nantikan sungguh-sungguh terjadi. (MV.L)

RENUNGAN

Kemurahan hati TIDAK ADA HUBUNGANNYA dengan kaya atau miskin, sebab KEMURAHAN adalah KARAKTER DNA SORGAWI

APLIKASI

  1. Apakah selama ini kemurahan Anda sering terhambat oleh keadaan Anda sendiri? Apakah yang Tuhan ingatkan kepada Anda hari ini?
  2. Mengapa kemurahan seharusnya tidak ada ada hubungannya dengan kondisi Anda?
  3. Bagaimana Anda dapat mendorong diri Anda untuk mengaktifkan buah Roh kemurahan dalam waktu dekat ini atau bahkan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih karena Engkau telah menjadikan kami serupa segambaran-Mu. Mampukan kami untuk dapat bermurah hati seperti Engkau bermurah hati, tak peduli apa pun yang tengah kami alami sekarang ini. Kami mau Engkau pakai sebagai alat untuk mendatangkan revival-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.