Kemurahan hati yang nyata

BACAAN HARI INI
Yakobus 2:14-18

RHEMA HARI INI
Yakobus 2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?

Hari-hari ini, ada begitu banyak musibah yang melanda berbagai muka bumi. Baik itu bencana alam maupun diakibatkan ulah sekelompok manusia. Ketika mengetahui semua itu, seberapa banyak dari kita yang bersimpati dan ikut mendoakan? Namun, jika kita mengedarkan pandang, kita pun akan menemukan berbagai hal mengibakan di dekat kita. Mungkin tidak dalam skala nasional atau daerah, tetapi pada tingkatan perorangan yang lebih personal. Bisa jadi itu adalah orang-orang yang setiap harinya duduk di pinggiran jalan, orang sekantor yang ditimpa masalah keuangan, atau tetangga kita sendiri yang anak-anaknya tidak diperhatikan orangtua. Saat semua itu terjadi di depan mata kita, apakah yang sekiranya kita lakukan?

Ketahuilah, kemurahan hati tidak sama dengan rasa iba. Pun tidak seharusnya berhenti pada doa semata. Sama seperti iman yang mati jika tidak disertai perbuatan, kemurahan perlu kita wujudkan. Sebab, apa gunanya rasa kasihan kita bagi orang-orang yang membutuhkan? Mengapakah kita hanya mendoakan agar Allah bermurah hati kepada mereka, padahal kita sendiri bisa Tuhan pakai untuk menunjukkan kemurahan-Nya? Tidakkah akan jauh lebih baik bagi mereka kalau kita bergerak seturut dengan hati kita yang tergerak?

Ketika hati kita terdorong, sesungguhnya Roh Kudus tengah berbicara kepada kita. Tanyakan apa yang Dia ingin kita lakukan bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan-Nya dan laksanakanlah. Inilah yang Tuhan kehendaki dan yang menyenangkan hati-Nya. Agar banyak orang dapat mengenal dan merasakan kasih kemurahan Allah yang sungguh nyata dalam hidup mereka. Inilah ciri orang Kristen sejati yang hidupnya dipenuhi Roh Kudus. Ini jugalah ciri anak Bapa yang dewasa, yang buah Rohnya matang dan dapat dipakai-Nya untuk menjamah jiwa-jiwa yang terhilang. Benar, saat kita bergerak menurut tuntunan Roh Kudus, Dia akan mengadakan kebangunan rohani di mana pun kita berada dan ke mana pun kita melangkah. (MV.L)

RENUNGAN
CIRI KEMURAHAN HATI seseorang yang PENUH ROH KUDUS adalah disertai dengan TINDAKAN YANG NYATA, bukan sekedar teori

APLIKASI
1. Ketika melihat orang-orang yang membutuhkan, apakah biasanya Anda merasa tergerak atau sungguh-sungguh bergerak?
2. Mengapa dengan melakukan tindakan kemurahan hal itu menunjukkan hidup kita penuh dengan Roh Kudus?
3. Bagaimanakah Anda dapat mewujudnyatakan kemurahan hati pada orang-orang di sekeliling Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami ingin menjadi anak-Mu yang dewasa dan menyenangkan hati-Mu. Pakailah kami sebagai perpanjangan tangan-Mu untuk menolong orang-orang yang kami temui. Kami rindu melihat semakin banyak orang yang mengenal-Mu, agar revival-Mu yang dahsyat sungguh terjadi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yosua 22-24

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.