Bermurah hati tanpa mebeda-bedakan

BACAAN HARI INI

Matius 5:42-48

RHEMA HARI INI

Matius 5 : 45
Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Sebagai anak seorang dokter Inggris di Afrika, Peter kecil sering berkeliling bersama ibunya untuk memvaksinasi anak-anak di daerah pedesaan. Suatu kali, meskipun ibu Peter hanya bertugas untuk memvaksinasi penduduk Rhodesia, ia berinisiatif memvaksinasi anak-anak Ndau dari Mozambique, yang adalah suku nomaden di daerah itu. Ketika dewasa, Peter kembali ke Rhodesia sebagai reporter. Namun ia dianggap sebagai mata-mata dan diculik. Ketika mendengarkan kelompok penculik itu berbicara, ia mengenali bahasa mereka sebagai bahasa Ndau. Ia pun mencoba berbicara sedikit dalam bahasa mereka. Pemimpin kelompok itu terkejut dan Peter menceritakan pengalaman masa kecilnya. Tak disangka, ternyata pemimpin itu adalah salah satu anak yang pernah divaksinasi ibunya. Peter dengan segera beralih status dari tawanan menjadi tamu kehormatan.

“Memberi adalah bukti kasih.” Tentu banyak dari kita yang setuju dengan ungkapan tersebut. Namun, Tuhan menginginkan kita bermurah hati bukan hanya kepada orang-orang yang dekat atau yang baik dengan kita saja. Dia disenangkan ketika kita bisa bermurah hati pada orang-orang asing, bahkan yang memusuhi dan merugikan kita. Hari ini juga, mari kita mulai belajar bermurah hati tanpa membeda-bedakan. Sadarilah betapa luas dan dalamnya kemurahan hati Bapa. Dia menerbitkan matahari dan menurunkan hujan bukan hanya untuk orang-orang yang baik, tetapi juga orang jahat.

Ketika kita menyalibkan kedagingan kita dan bermurah hati tanpa membeda-bedakan, kita juga akan diberkati dengan kemurahan hati Allah. Justru, pada akhirnya kita akan menikmati hujan kasih karunia-Nya yang luar biasa. Tuhan akan menjawab doa-doa kita. Dia akan menyelesaikan semua permasalahan kita. Dia akan mengangkat kita secara tak terduga dan menjamin hari depan yang gilang-gemilang bagi kita. Bahkan Dia akan mempercayakan kita tempat dalam revival yang tengah dikerjakan-Nya. Biarlah melalui kemurahan kita, kita dapat menuai banyak jiwa di hari-hari akhir ini bagi-Nya.

R E N U N G A N

Tuhan ingin kita mengembangkan sikap MURAH HATI TANPA MEMBEDA-BEDAKAN yang seperti kemurahan-Nya

A P L I K A S I

1. Apakah Anda masih membeda-bedakan dalam bermurah hati selama ini?
2. Mengapa Tuhan ingin kita bisa bermurah hati tanpa membeda-bedakan?
3. Apakah yang dapat Anda lakukan untuk mempraktikkan kemurahan hati yang tidak membeda-bedakan dalam waktu dekat ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ampuni kami apabila selama ini kami masih membeda-bedakan orang saat kami memberikan kemurahan hati kami. Kami mau belajar, untuk memiliki kemurahan seperti-Mu. Biarlah melalui kami, Kau kerjakan revival di mana pun kami berada. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-Hakim 1 – 2

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.