Kelemahlembutan yang membawa pemulihan

BACAAN HARI INI
2 Timotius 2:20-26

RHEMA HARI INI
2 Timotius 2:25 dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,

Bila kita tahu ada anggota keluarga, pasangan, atau teman yang sedang berbuat kesalahan, pasti kita akan mengingatkan dan menegur mereka. Namun ada kalanya, setelah sekali dua kali kita ingatkan, mereka tetap saja tidak berubah, bahkan melawan kita. Hal ini tentu akan menguras emosi dan perasaan kita. Saat seperti inilah, kita sangat memerlukan buah Roh kelemahlembutan. Kita perlu mengingat, mustahil untuk meluruskan kesalahan dari orang yang suka melawan dengan cara yang keras. Tanpa roh lemah lembut, bisa jadi yang timbul adalah permusuhan dan pertengkaran besar yang malah menghancurkan segala-galanya.

Lemah lembut bukan berarti kita lembek atau tidak berdaya. Raja Salomo yang bijaksana berkata bahwa lidah yang lemah lembut dapat mematahkan tulang (Ams. 25:15). Ini berarti kelemahlembutan justru mempunyai kekuatan yang dahsyat. Saat kita menghadapi pertikaian dengan perkataan dan sikap yang lemah lembut, suasana yang tadinya tegang akan mengendor. Komunikasi pun dapat dilakukan dengan baik, sehingga kesalahpahaman bisa diluruskan. Akhirnya hubungan menjadi baik, sakit hati disembuhkan, dan pemulihan terjadi. Inilah kekuatan yang sesungguhnya. Kekuatan yang mampu membawa pemulihan dan kemenangan.

Dengan kelemahlembutan inilah, kita bisa membuat orang-orang yang melakukan kesalahan mendengarkan apa yang ingin kita katakan. Sehingga mereka boleh memahami letak kesalahan mereka, segera bertobat, dan berbalik ke jalan Tuhan. Dengan demikian, Allah pun akan memandang kita layak dipakai untuk setiap pekerjaan mulia-Nya (ay.21). Sehingga Dia mempercayakan semakin banyak orang kepada kita untuk dibangkitkan kerohaniannya. Ya, bukan dengan teguran keras, tetapi dengan kelemahlembutanlah, kita dapat memenangkan jiwa-jiwa dan mendatangkan kebangunan rohani yang sungguh-sungguh nyata.

RENUNGAN
KELEMAHLEMBUTAN mempunyai KEKUATAN SANGAT BESAR yang mampu membawa PEMULIHAN dan KEMENANGAN

APLIKASI
1. Selama ini, apa definisi kelemahlembutan bagi Anda? Sesuatu yang halus dan lemah, atau sesuatu yang sangat kuat?
2. Mengapa kita sangat memerlukan roh kelemahlembutan?
3. Kebiasaan dan sikap hati seperti apa yang menghalangi pertumbuhan roh kelemahlembutan? Bagaimana Anda dapat mengatasinya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami ingin seperti Engkau yang begitu lemah lembut meskipun kami sering menyakiti hati-Mu. Justru karena kelembutan hati-Mu, lutut kami bertelut dan lidah kami mengaku. Lembutkanlah hati kami Bapa, kami percaya dengan kelemahlembutan kami mampu memenangkan jiwa-jiwa bagi-Mu. Terima kasih, Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 121, 123-125, 128-130

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.