Hidup yang dipenuhi roh kudus

BACAAN HARI INI
Galatia 5:16-25

RHEMA HARI INI
Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

“The Purpose Driven Life” atau “Kehidupan yang Digerakkan oleh Tujuan” adalah buku best seller karangan Rick Warren yang berhasil menarik perhatian jutaan orang di dunia. Namun, setelah membacanya, seberapa banyak orang yang hidupnya sungguh-sungguh diubahkan? Manusia bisa dibaratkan sebagai kuda liar yang berlari kian kemari tak tentu arah dan tujuan. Kuda yang tidak bisa diajak kerja sama dan tidak bisa memberikan keuntungan apa pun buat manusia. Sampai akhirnya ia mau menyerahkan dirinya pada pengendalian tuannya dan menemukan tujuan hidup di dalam tangan tuannya, barulah ia menjadi seekor kuda yang berguna. Entah ia menjadi seekor kuda perang, kuda pacu di arena balapan, atau kuda yang jinak yang siap ditumpangi tuannya kapan saja. Mengelilingi perbukitan, melewati gunung dan lembah, sampai ke tempat tujuan yang diingini tuannya.

Itulah gambaran kita dengan Roh Kudus. Sering kali, ketika Roh Kudus memanggil, kita mengeraskan hati, memberontak, kaku, liar, dan sulit diatur. Sehingga kita tidak bisa menghasilkan buah Roh apa pun dalam hidup kita. Hanya ketika kita menyerahkan kendali hidup kita ke dalam tangan Roh Kudus yang lemah lembut, maka kita akan menjadi pribadi yang mudah dibentuk, rendah hati, penuh kasih, mudah memaafkan, mudah untuk dididik, panjang sabar, penuh kebaikan, setia, penuh sukacita, dan damai sejahtera.

Mungkin saat ini hati Anda juga telah menjadi keras, kaku, dan penuh kebencian karena orang-orang di sekeliling yang menjengkelkan, bahkan menyakitkan. Namun firman Tuhan berkata, “Tanggalkan semua dosa yang merintangi” (Ibr. 12:1). Serahkanlah hidupmu pada Tuhan dan hiduplah oleh Roh, maka Anda tidak akan menuruti keinginan daging. Izinkan Roh Kudus yang lemah lembut itu memenuhi hidup Anda, mengendalikan hidup Anda, sehingga Anda menjadi bejana yang penuh buah Roh, buah sorgawi yang dapat dinikmati orang lain. Bejana yang siap dipakai Tuhan kapan pun Dia panggil untuk membawa revival bagi banyak orang.

RENUNGAN
Ketika kita DIPENUHI ROH KUDUS yang adalah Pribadi yang lemah lembut, maka BUAH ROH KELEMAHLEMBUTAN pasti muncul dalam hidup kita

APLIKASI
1. Apakah hidup Anda sudah dipenuhi buah Roh kelemahlembutan? Mengapa?
2. Apa dampak seseorang yang dipenuhi buah Roh kelemahlembutan?
3. Bagaimana Anda dapat memenuhi hidup Anda dengan buah Roh kelemahlembutan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk firman-Mu. Saat ini kami sepakat menyerahkan hidup kami untuk dikendalikan oleh Roh Kudus-Mu. Kami siap Kau penuhi dengan buah Roh yang lemah lembut, sehingga kami bisa dipakai oleh-Mu untuk membawa kebangunan rohani bagi banyak orang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Samuel 1-4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.