Orang yang dipilih dan dipakai Tuhan

BACAAN HARI INI

Matius 1:1-17

RHEMA HARI INI

Matius 1:17 Jadi seluruhnya ada: empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus.

Tuhan bisa memakai siapa saja. Hal ini jelas terlihat dalam deretan panjang nama-nama dalam daftar silsilah kelahiran Yesus. Tidak semua yang namanya tercantum mempunyai hidup yang baik dan sempurna. Seperti Abraham yang sudah tua dan lemah. Yakub yang terkenal sebagai penipu. Salomo yang beristri banyak hingga jatuh dalam penyembahan berhala. Bahkan, meski menurut tradisi Yahudi tidaklah lazim menyertakan nama perempuan dalam silsilah garis keturunan, kita dapat menemukan lima nama yang tercatat secara istimewa. Mereka juga bukanlah perempuan sempurna. Tamar seorang janda yang menipu dan berzinah dengan Yehuda, mertuanya sendiri. Rahab seorang pelacur di Yerikho. Ruth berasal dari bangsa penyembah berhala. Isteri Uria, Batsyeba, berbuat zinah dengan Daud. Maria pun seorang wanita biasa, bukan dari keluarga terpandang atau orang kaya.

Dalam segala kekurangan, kelemahan, dan kesalahan mereka, Tuhan tetap memakai dan mengangkat hidup mereka. Bahkan, nama mereka masuk dalam garis silsilah Mesias. Sama halnya dengan kita. Apa pun latar belakang dan seburuk apa pun masa lalu kita, hal itu tidak akan mendiskualifikasian kita di mata Tuhan. Kerinduan-Nya untuk memberkati dan mengangkat setiap anak-Nya menjadi kepala dan bukan ekor jauh melampaui semua itu.

Selagi merenungkan kisah hidup orang-orang yang Tuhan sertakan dalam garis kelahiran Tuhan Yesus, marilah kita memaknai pesan Natal yang terkandung di dalamnya. Jika kita mau mengundang Yesus masuk dalam hidup kita, mengakui semua dosa kesalahan di hadapan Tuhan, dan sungguh-sungguh bertobat meninggalkan hidup yang lama, maka Tuhan pun akan berkarya dalam kisah kehidupan kita. Dia akan mempromosikan kita dari orang yang biasa-biasa saja menjadi luar biasa. Dari pendosa menjadi pelayan Tuhan yang setia dan militan. Dari yang dipandang sebelah mata menjadi berkat dan penolong yang luar biasa bagi banyak orang. Inilah sukacita yang dapat kita temukan dalam promosi-Nya yang ajaib.

RENUNGAN

Bukan orang yang hebat, Tuhan LEBIH SERING MEMILIH orang-orang yang awalnya dianggap HINA dan TIDAK LAYAK untuk PROMOSI-NYA YANG AJAIB

APLIKASI

  1. Dapatkah Anda menemukan bukti bahwa Tuhan begitu mengasihi Anda di sepanjang hidup Anda? Bisakah Anda menyebutkan apa saja bukti itu?
  2. Mengapa Tuhan lebih sering memilih orang-orang yang tidak dipandang hebat oleh dunia ini?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil supaya Tuhan berkenan mempromosikan dan mengubahkan hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, terima kasih, seperti apa pun keadaan kami dan sebesar apa pun kesalahan kami, Engkau tetap menyertai dan mengasihi kami. Karena kasih-Mu itulah kami bisa berbesar hati. Tuhan, kami serahkan hidup kami dalam tangan-Mu, pakailah hidup kami menjadi alat untuk menyatakan kebesaran kuasa-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.