Keteguhan hati mendatangkan promosi

BACAAN HARI INI

Lukas 1:5-25, 57-80

RHEMA HARI INI

Lukas 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.

Halangan terbesar bagi anak Tuhan bukanlah beratnya tantangan hidup, tetapi ketakutan. Ketakutan dapat menutup mata dan telinga rohani kita untuk memahami rencana-Nya. Itulah yang terjadi ketika malaikat Tuhan menampakkan diri di hadapan Zakharia saat ia melakukan tugas keimaman. Melihat ketakutannya, malaikat Tuhan pun berkata, “Jangan takut!” Kalau Zakharia takut, mungkin saja ia melarikan diri dan tidak mendengarkan pesan Tuhan. Namun, bahkan setelah diberitahu bahwa ia dan istrinya akan mendapatkan anak yang telah mereka nanti-nantikan sekian lama, Zakharia bukannya bersukacita. Ia justru menyatakan keraguan karena kondisinya yang sudah lanjut usia.

Seberapa banyak dari kita yang kerap bereaksi seperti Zakharia? Ketika pimpinan rohani kita berkata, “Anda akan jadi berkat sampai ke bangsa-bangsa. Anda akan dipakai Tuhan dengan kuasa dan mujizat,” kita malah cenderung skeptis. Kita merasa belum layak atau kurang mampu. Kita juga menjadi takut dengan semua risiko dan harga yang harus kita bayar. Namun, puji syukur kepada Allah Bapa kita. Dia adalah Allah yang memberikan kesempatan bagi kita untuk belajar percaya. Ketika Zakharia dibuat menjadi bisu, ia seolah mendapatkan hukuman dari Allah. Namun, dalam kebisuannyalah, iman Zakharia bertumbuh. Sehingga Roh Kudus memenuhinya dan ia pun menubuatkan rencana keselamatan Allah melalui anaknya yang akan mempersiapkan jalan bagi kedatangan Sang Mesias.

Ketahuilah, tidak ada promosi tanpa tantangan. Semakin tinggi Tuhan ingin mengangkat kita, semakin besar pula rintangan yang menghadang jalan kita. Hanya dengan iman yang teguh di dalam Tuhan, kita dapat mengalahkan ketakutan. Ya, jangan sampai kita gagal mengalami promosi yang Tuhan sediakan karena hidup dalam ketakutan. Kuatkan dan teguhkanlah hati kita, maka Tuhan akan membawa kita maju dan melakukan perkara-perkara ajaib bersama-Nya. Bukan tidak mungkin, kita juga akan dipakai Tuhan untuk menolong banyak orang-orang yang terbelenggu oleh ketakutan. Sehingga semakin banyak jiwa mengenal kasih Kristus dan nama Tuhan semakin dipermuliakan.

RENUNGAN
KUATKAN dan TEGUHKAN hati kita, jangan biarkan KETAKUTAN MERAMPAS PROMOSI yang sudah Tuhan sediakan

APLIKASI

  1. Apa yang membuat Anda merasakan ketakutan hari-hari ini?
  2. Apa yang akan diberikan Tuhan kepada orang-orang yang hidupnya penuh dengan keberanian di dalam Tuhan?
  3. Bagaimana supaya Anda dapat hidup bebas dari ketakutan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa Yang Baik, Engkaulah satu-satunya sumber keberanian dan iman bagi kami. Ajar kami dan terus bentuk hati kami, sehingga dipenuhi dengan iman yang mengalahkan ketakutan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.