Percaya sampai Tuhan menggenapi janji-Nya

BACAAN HARI INI
Ibrani 10:32-36

RHEMA HARI INI
Ibrani 10:35-36 Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya. Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Kesalehan Ayub membuatnya dipuji Tuhan. Alkitab pun mencatat, Ayub adalah seorang yang jujur, takut akan Allah, dan menjauhi kejahatan. Bukan hanya pujian yang didapatkan Ayub dari Tuhan, ia juga memiliki keluarga besar yang sempurna. Dengan istrinya, ia memiliki tujuh anak laki-laki, dan tiga anak perempuan. Ayub juga terkenal sebagai orang yang kaya raya. Ia memiliki puluhan ribu ternak dan budak dalam jumlah yang sangat besar. Sungguh sebuah kehidupan yang diimpikan banyak orang.

Namun, selain kisah tentang kesuksesan, kehidupan Ayub juga pernah diwarnai dengan kejatuhan. Ayub pernah kehilangan semua anak-anaknya yang mati tertimpa reruntuhan rumah yang roboh akibat angin ribut. Semua ternaknya dirampas dan terbakar. Dalam waktu bersamaan, Ayub ditimpa penyakit barah yang busuk dari telapak kakinya sampai ke batu kepalanya. Istri yang seharusnya mendukungnya malahan menyuruhnya mengutuki Allah dan mati saja. Apa yang dilakukan Ayub saat menghadapi semua malapetaka itu? Hal pertama yang dilakukan Ayub adalah tetap memuji dan menyembah Tuhan (Ayb. 1:20-21). Ayub tidak melepaskan kepercayaannya pada Tuhan. Ia tetap percaya pada janji-janji Tuhan. Akhirnya, Allah memulihkan keadaan Ayub. Bahkan, Tuhan memberikan kepada Ayub dua kali lipat dari segala kepunyaannya dahulu.

Bila kita sedang berada dalam situasi yang sepertinya tidak ada harapan lagi dan mungkin kita sudah mulai lelah dan bosan menantikan janji Tuhan, apakah kita akan meninggalkan Tuhan? Apakah kita akan meninggalkan komunitas kita, gereja kita, karena kecewa kepada Tuhan? Atau kita tetap bersyukur dan terus percaya bahwa Tuhan sanggup memulihkan keadaan kita? Seperti Ayub yang tetap percaya kepada Tuhan, seberat apa pun tantangan yang kita hadapi dalam menantikan janji Tuhan, jangan pernah sekali pun melepaskan kepercayaan kita kepada-Nya. Terlebih lagi di momen Natal ini, saat kita merenungi kembali penggenapan janji-Nya untuk menyelamatkan kita melalui peristiwa kelahiran Tuhan Yesus. Percayalah, cepat atau lambat, Tuhan pasti menggenapi janji-janji-Nya dalam hidup kita.

RENUNGAN
Apa pun yang terjadi, JANGAN PERNAH LEPASKAN KEPERCAYAAN kita terhadap janji Tuhan, sebab TUHAN SANGGUP melakukan SEGALA SESUATU

APLIKASI
1. Apakah Anda sedang menantikan janji Tuhan dalam hidup Anda? Sebutkan janji Tuhan yang sedang Anda nantikan!
2. Apa tantangan yang sedang Anda hadapi dalam menantikan janji Tuhan?
3. Bagaimana seharusnya Anda menyikapi janji Tuhan dalah hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, mampukan kami untuk terus mempertahankan kepercayaan kami kepada-Mu sampai kami menerima janji-janji-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.