Penuaian yang ajaib

BACAAN HARI INI
Keluaran 14:1-30

RHEMA HARI INI
Keluaran 14:14 TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.”

Pernahkan Anda merasa begitu dekat dengan kebinasaan? Selama ini, mungkin Anda merasa telah hidup benar dan banyak berbuat kebaikan. Namun, tidak peduli apa yang Anda lakukan, Anda tidak pernah merasa pasti bahwa kedamaian jiwa yang kekal bisa Anda dapatkan. Sementara Anda tidak tahu bagaimana caranya meraih kedamaian itu, suatu kegelapan berderap mendekat. Siap untuk menyeret Anda ke dalam kebinasaan.

Dalam Alkitab, ada satu kisah yang menggambarkan apa yang mungkin Anda rasakan ini. Saat bangsa Israel meninggalkan tanah perbudakan yang telah mereka diami selama 430 tahun, kebinasaan pernah begitu dekat dengan mereka. Firaun yang telah melepaskan mereka, tiba-tiba saja berubah pikiran dan memutuskan mengejar mereka. Bangsa Israel seakan berada di jalan buntu. Di hadapan mereka terhampar lautan luas yang mustahil untuk diseberangi, dan di belakang, pasukan Firaun semakin dekat. Mereka pikir, mereka tidak mungkin selamat. Namun, perhatikanlah apa yang Musa katakan, “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah KESELAMATAN dari Tuhan, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu” (ay.13). Seperti yang kita tahu, Laut Merah itu terbelah dan saat itu bukan hanya satu dua orang yang selamat, tetapi tidak satu pun dari bangsa Israel yang besar itu Tuhan biarkan binasa.

Benar, keselamatan sejatinya adalah anugerah pemberian dari Tuhan. Seperti bangsa Israel yang Tuhan selamatkan pada hari itu, Tuhan pun ingin memberikan keselamatan kepada kita. Itulah yang Allah lakukan dengan mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal kepada dunia ini. Sehingga melalui kelahiran Yesus sebagai Manusia dan pengorbanan-Nya yang besar, Dia dapat membelah “lautan luas” yang memisahkan kita dengan Bapa. Supaya setiap kita dapat menyeberang mendekati Allah dan beroleh hidup yang kekal. Inilah anugerah-Nya yang ajaib. Anugerah yang bukan hanya memberikan jaminan keselamatan kepada setiap kita, tetapi juga mendatangkan panen raya atas jiwa-jiwa yang terhilang.

RENUNGAN
Saat PENUAIAN YANG AJAIB tiba, semua yang terjadi BUKAN KARENA KITA yang melakukannya, tetapi TUHAN SENDIRI YANG MENGERJAKAN

APLIKASI
1. Saat ini apakah Anda sedang hidup dalam ketakutan? Atau adakah jiwa yang sedang Anda perjuangkan keselamatannya?
2. Mengapa penuaian yang ajaib itu bukan pekerjaan kita, tetapi Tuhan?
3. Bagaimanakah Tuhan memberikan keselamatan itu kepada Anda dan orang-orang yang Anda perjuangkan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih karena keselamatan itu adalah anugerah pemberian-Mu, bukan hasil usaha kami. Tuhan, kami berdoa bagi jiwa-jiwa yang belum menerima-Mu. Hanya Kau yang sanggup melembutkan hati dan membuka mata rohani mereka. Biarlah mereka melihat Engkau dan bertemu secara pribadi dengan-Mu. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 32, 51, 86, 122

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.