Alasan Yesus terlahir ke dunia

BACAAN HARI INI
Yesaya 9:1-7

RHEMA HARI INI
Yesaya 9:6 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Ada seorang wanita paruh baya mengidap suatu penyakit parah. Dokter memperkirakan waktu hidupnya tidak akan lama lagi. Seluruh anak-anaknya pun dikumpulkan untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk. Ibu ini seorang atheis, ia tidak percaya dan tidak mengakui adanya Tuhan. Namun, semua anak-anaknya yang telah lahir baru tak henti-hentinya bergantian membisikkan doa di telinga ibu mereka yang tertidur. Sampai suatu pagi, si ibu ini memanggil semua anaknya dan berkata bahwa ia ingin dibaptis. Meski ketujuh anaknya terheran-heran, mereka segera memanggilkan hamba Tuhan untuk melayani pertobatan ibu mereka.

Setelah pendeta itu pulang, ibu itu bercerita kepada anak-anaknya apa yang ia alami semalam. Dalam mimpinya, ia melihat ada segerombolan makhluk menarik-nariknya menuju sebuah lorong gelap dan hendak memasukkannya ke dalam jurang api di ujung jalan itu. Ibu itu sangat ketakutan dan menjerit meminta tolong, tetapi tidak ada seorang pun yang datang. Tiba-tiba terdengar suara bisikan anak-anaknya. Mereka terus menyebutkan satu Nama. Ia pun memberanikan diri berteriak, “Tuhan Yesus tolong aku!” Tak lama setelah itu, datanglah Sosok yang sangat terang, hingga cahayanya mampu mengusir makhluk-makhluk jahat itu.

Seperti yang dialami ibu tersebut, kita pun dapat melihat dan merasakan dunia ini dipenuhi dengan kekelaman yang semakin nyata dari hari ke hari. Sehingga tampaknya tidak ada satu jalan pun untuk menghindar dari maut. Sampai Yesus datang dalam hidup kita dengan membawa terang-Nya. Inilah alasan mengapa Bapa mengaruniakan anak-Nya yang tunggal untuk dilahirkan ke dunia sebagai manusia. Ketika kita mengalami terang itu secara pribadi, maka hidup kita tidak akan sama lagi. Kegelapan boleh tetap ada di sekeliling kita, tetapi kita akan tetap aman dalam terang-Nya yang ajaib. Meski kejahatan mengancam, kita tidak akan takut, karena ada Raja Damai yang tinggal dalam hidup kita. Demikianlah keadaan kehidupan kita yang semula ada dalam kegelapan diubahkan menjadi terang.

RENUNGAN
YESUS TERLAHIR KE DUNIA ini agar orang-orang yang berjalan dalam kegelapan MELIHAT TERANG YANG BESAR melalui-Nya

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengalami terang-Nya secara pribadi? Mengapa kita perlu mengalami-Nya?
2. Bagaimana terang itu dapat mengubahkan hidup Anda?
3. Menurut Anda, apa yang dapat Anda lakukan di masa Natal ini agar banyak orang dapat melihat terang-Nya yang ajaib?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk kelahiran-Mu ke dunia ini, sehingga kami bisa mendapatkan karunia untuk mengalami terang-Mu yang ajaib. Kami bersyukur karena Engkau telah menyelamatkan dan mengangkat kami dari kegelapan yang kekal. Tolong bantu kami, ya, Tuhan, agar kami juga boleh memperkenalkan nama-Mu kepada jiwa-jiwa yang masih terhilang. Sehingga melalui momen Natal ini, banyak jiwa boleh mengalami terang-Mu sendiri secara pribadi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Samuel 13-15

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.