Bagian kita dalam penuaian yang ajaib

BACAAN HARI INI

1 Korintus 3:1-7

RHEMA HARI INI

1 Korintus 3:6 Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.

Bacaan kita hari ini adalah surat Paulus kepada jemaat di Korintus. Ia menasihatkan mereka supaya tidak terjebak dalam perselisihan antar kelompok. Paulus mengingatkan, siapa pun bisa dipakai Tuhan untuk memberitakan firman-Nya dan membangun jemaat di berbagai tempat. Jangan ada seorang pun memegahkan diri, bahkan mengklaim dirinya paling benar, atau paling banyak memenangkan jiwa. Sebab, bukan masalah siapa yang memberitakan Injil pertama kali kepada mereka. Bukan masalah siapa yang memelihara dan menggembalakan iman percaya mereka. Namun, yang lebih penting dari itu semua adalah supaya mereka tetap fokus bahwa Tuhanlah pemilik jiwa-jiwa yang ada. Tuhanlah yang memberikan pertumbuhan rohani kepada mereka dan yang menjadi bagian terpenting dalam pengharapan mereka.

Surat Paulus ini juga berarti bahwa Tuhan akan memberikan penuaian jiwa, asalkan ada yang menanam dengan bersaksi dan memberitakan Injil, serta menyiram dengan menggembalakan jiwa. Jika ada yang mau maju melakukan pekerjaan-pekerjaan tersebut, tuaian besar pasti akan terjadi dalam keluarga kita, di tempat kerja, dan lingkungan tempat tinggal kita. Bahkan bukan tidak mungkin kota dan bangsa kita dimenangkan dalam nama Yesus.

Hari Natal ini adalah kesempatan baik bagi kita untuk mulai menanam. Ingatlah, Yesus telah lahir di dunia untuk menyelamatkan kita semua, jangan berhenti pada kita saja. Tugas kita adalah memberitakan Kabar Baik itu kepada orang-orang di sekitar kita. Kalau kita ingin keluarga kita di selamatkan, teman-teman kita di tempat kerja bertobat, lingkungan tempat tinggal kita dilawat Tuhan, kita harus ambil langkah. Undanglah mereka untuk datang beribadah. Jangan pikirkan kesulitan ataupun penolakan dari mereka. Itu bagian Tuhan. Lakukan bagian kita dengan setia, selebihnya biar Tuhan yang kerjakan bagian-Nya. Kita menanam, kita menyiram, Tuhan pasti akan memberikan pertumbuhan. Dengan demikian, kita pun menjadi bagian dalam penunaian jiwa yang ajaib. Amin.

RENUNGAN

Lakukanlah bagian kita untuk MEMPERJUANGKAN JIWA-JIWA YANG TERHILANG, maka Tuhan akan MENGERJAKAN PENUAIAN YANG AJAIB

APLIKASI

  1. Apakah selama ini Anda sudah memperjuangkan jiwa-jiwa yang terhilang? Mengapa, apakah hambatannya?
  2. Mengapa Anda perlu menyingkirkan hambatan-hambatan tersebut dan memperjuangkan jiwa bagi Tuhan?
  3. Apa sajakah yang dapat Anda mulai lakukan untuk memperjuangkan jiwa-jiwa yang terhilang?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ini kami. Kami ingin turut ambil bagian dalam penuaian-Mu yang ajaib. Teguhkanlah hati kami, ya, Tuhan, agar kami dapat mengerjakan bagian kami dalam memperjuangkan jiwa-jiwa yang terhilang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.