Cara Tuhan menuntun kita

BACAAN HARI INI
Matius 2:1-12

RHEMA HARI INI
Matius 2:9b Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.

Di zaman teknologi yang berkembang pesat ini, GPS atau Global Positioning System semakin banyak dipakai orang. Secara sederhana, GPS adalah sistem yang terpasang pada ponsel pintar atau gawai kita yang dapat berfungsi sebagai penunjuk arah. Kalau dulu ketika mencari sebuah alamat kita bisa tersesat, bahkan tidak menemukannya, sekarang dengan GPS, dijamin kita akan sampai ke tujuan. Saat menjalani hidup ini, Tuhan pun ingin mengarahkan setiap langkah kita, agar kita dapat mencapai tujuan hidup yang telah Dia tetapkan. Namun, masalahnya, tuntunan Tuhan berbeda dengan GPS yang terlihat secara kasatmata. Akibatnya, kita menjadi bertanya-tanya, bagaimana tepatnya Tuhan akan menuntun kita?

Dua ribu tahun yang lalu, ketika Tuhan Yesus terlahir ke dunia, GPS pun belum ditemukan. Namun, sekelompok orang Majus dari negeri yang jauh di Timur berhasil tiba tepat di tempat bayi Yesus terbaring. Dari kisah Natal, kebanyakan dari kita mengetahui bahwa orang-orang Majus ini mengikuti tuntunan bintang di langit. Namun, seberapa banyak dari kita yang bertanya mengapa Tuhan memakai bintang untuk mengarahkan mereka? Ya, sebenarnya inilah kunci jawabannya. Orang-orang Majus ini adalah ahli perbintangan. Membaca pergerakan bintang adalah “bahasa” sehari-hari mereka. Itulah sebabnya, Allah memakai bintang sebagai “GPS” mereka.

Tuhan juga akan melakukan hal yang sama kepada Anda. Saat menyatakan tuntunan-Nya yang ajaib, Tuhan akan memulai dari apa yang ada pada Anda dan Anda ketahui dengan baik. Percayalah, Dia bukanlah Allah yang kegemarannya membuat Anda kebingungan. Sebaliknya, Dia akan memastikan Anda memahami petunjuk-Nya. Dia akan berbicara kepada Anda dengan “bahasa” yang Anda mengerti. Berhentilah membatasi cara Tuhan menyatakan petunjuk-Nya dengan cara-cara yang Anda harapkan. Perhatikan segala sesuatu yang berlangsung dalam hidup Anda, tertutama hal-hal yang dekat dan Anda sukai. Sewaktu-waktu, Anda pun dapat mendengarkan bisikan Roh Kudus yang akan memberikan tuntunan-Nya dalam hidup Anda.

RENUNGAN
Bukalah HATI dan TELINGA ROH kita senantiasa, sebab Tuhan MENUNTUN kita dengan hal yang kita KETAHUI DENGAN BAIK dalam keseharian kita

APLIKASI
1. Mengapa Tuhan memakai hal-hal yang Anda ketahui dengan baik untuk menuntun hidup Anda?
2. Apa saja hal yang Anda miliki dan yang Anda ketahui dengan baik yang dapat membuat Anda dituntun Tuhan dengan ajaib?
3. Apa yang harus Anda senantiasa lakukan supaya mengalami tuntunan Tuhan yang ajaib?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami bersyukur atas tuntunan ilahi yang boleh kami terima selama ini. Kami buka hati dan telinga rohani kami untuk dapat mengenali tuntunan-Mu yang ajaib. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 1-2
Mazmur 37, 71, 94

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.