Great seed untuk great harvest

BACAAN HARI INI
Lukas 8:5-15

RHEMA HARI INI
Lukas 8:11 Inilah arti perumpamaan itu: Benih itu ialah firman Allah.

Tuaian besar tidak terjadi begitu saja. Setiap petani dan pengusaha ladang yang baik mengetahui, sebelum mendapatkan hasil tuaian, mereka memerlukan benih untuk ditanam. Mereka pun tidak sembarangan menggunakan benih yang ada. Dengan hati-hati, mereka memilih dan menguji benih yang akan mereka pakai. Benih itu haruslah bersih dari kotoran, berisi, berwarna cerah, dan berukuran normal. Mereka tahu, itulah ciri benih yang sehat dan berkualitas tinggi, yang dapat menghasilkan produksi tanaman yang besar.

Hal yang sama berlaku dalam kehidupan kita. Jika kita ingin menuai kebaikan dan keberhasilan hidup, kita perlu memiliki “benih” yang tepat. Meski dunia mengatakan kesuksesan tergantung pada diri kita sendiri, tetapi benih ini jelas bukan talenta, skill, atau keahlian membangun hubungan dengan orang lain. Sehebat apa pun kemampuan kita, Tuhan Yesus telah memperingati bahwa pada dasarnya kita tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh. 15:5). Dia pun mengatakan bahwa benih itu adalah firman, perkataan Allah sendiri. Perkataan yang sama, yang telah menciptakan langit, bumi, dan segala isi alam semesta. Perkataan yang mengawali segala kehidupan di muka bumi ini. Tanpa firman-Nya, tidak akan ada satu hal pun yang terjadi.

Benih firman inilah yang harus kita dapatkan. Namun, bukan hanya firman Tuhan biasa, yang kita dengarkan sambil lalu setiap minggunya. Benih itu harus jatuh dan tersimpan dalam hati kita yang terbuka untuk mendengarkan suara Tuhan. Benih firman yang kita terima harus bersih dari perbuatan sia-sia. Jangan sampai tersamarkan oleh kekuatiran hidup dan kesenangan dunia. Saat kita menyimpannya baik-baik dalam hati, Roh Kudus akan menyingkapkannya bagi kita dan menjadikannya “benih firman rhema” yang akan bertumbuh sehat serta menghasilkan buah dalam hidup kita dari waktu ke waktu. Dengan demikan, Great Harvest bukan lagi sekedar khotbah awal tahun, tetapi pengalaman sepanjang tahun 2018 ini. (MV.L)

RENUNGAN
Untuk mengalami GREAT HARVEST kita harus memiliki GREAT SEED terlebih dahulu, sebab TIDAK ADA TUAIAN TANPA BENIH

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan Great Seed?
2. Mengapa Anda memerlukan Great Seed?
3. Bagaimana Anda dapat memiliki Great Seed dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih Engkau telah menyediakan benih firman-Mu bagi kami. Ampuni kami kalau selama ini kami sering menyia-nyiakannya. Mampukan kami, agar kami dapat merawatnya dan menyimpannya dengan baik dalam hati kami, sehingga hidup kami pun boleh mengalami tuaian besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 10-12

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.