Miskin di hadapan Allah. (harvest)

BACAAN HARI INI
2 Korintus 9:6-15

RHEMA HARI INI
2 Korintus 9:9-10 Seperti ada tertulis: “Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya.” Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;

Miskin tidak selalu berbicara tentang materi. Kita bisa saja memiliki banyak harta, tetapi semua itu bisa hilang dalam sekejap mata. Pengertian inilah yang membuat Salomo membuat permintaan yang tidak biasa kepada Tuhan. Ya, saat Tuhan bertanya apa yang ia inginkan agar Tuhan berikan, Salomo bisa saja meminta kekayaan yang lebih banyak atau kerajaan yang lebih besar dan kokoh. Namun Salomo mengerti, harta yang sesungguhnya tidak terletak pada hal-hal yang fana di dunia ini. Ia tahu semua itu hanya akan bertahan sementara. Dari sejarah hidup ayahnya, Salomo tahu hanya satu yang terpenting. Ia pun memilih untuk menggantungkan dirinya pada Tuhan dan meminta hikmat dari-Nya. Salomo mengosongkan hatinya dari keinginan-keinginan dunia dan sebagai gantinya, Tuhan memberikan kelimpahan dalam hidupnya.

Sikap hati seperti inilah yang berkenan di hadapan Tuhan. Hati yang menyadari bahwa tanpa Tuhan kita tidak ada apa-apanya. Hati yang lapar dan haus akan Tuhan, yang membutuhkan-Nya, dan senantiasa bergantung pada-Nya. Ketika kita sungguh-sungguh menyadari bahwa tanpa penyertaan Tuhan, semua usaha kita akan menjadi sia-sia, maka Dia akan memberikan pewahyuan khusus ke dalam hati kita. Itulah benih rhema firman Tuhan yang juga akan Dia lipat gandakan dalam hidup kita, sehingga kita dapat mengalami tuaian besar.

Benar, Tuhan hanya memberikan hikmat, petunjuk, pengurapan, dan berkat-Nya kepada orang-orang yang membutuhkannya. Oleh karena itu, jangan sampai kita kehilangan kehausan dan kelaparan akan firman Rhema. Jangan sampai kita kehilangan sikap hati miskin di hadapan Allah. Ketika kita punya Great Heart, maka Tuhan akan memberikan Great Seed, atau firman Rhema itu ke dalam hati kita. Dengan Great Seed itulah, kita akan mengalami Great Harvest yang sungguh dahsyat. (LEW)

RENUNGAN
Untuk menangkap BENIH FIRMAN GREAT HARVEST, kita perlu memiliki GREAT HEART, sikap hati yang MISKIN DI HADAPAN ALLAH

APLIKASI
1. Sikap hati apa yang Anda miliki saat ini, miskin atau kaya di hadapan Allah? Hal-hal apa yang menghalangi Anda memiliki sikap hati yang miskin di hadapan Allah?
2. Mengapa Anda perlu memiliki sikap hati yang miskin di hadapan Allah?
3. Bagaimana komitmen Anda agar tetap memiliki sikap hati yang besar, yaitu miskin di hadapan Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, ajarkan kami selalu memiliki sikap hati yang miskin di hadapan-Mu. Hati yang lapar dan haus akan Engkau. Kami memberikan hati kami sepenuhnya untuk Engkau tanami dengan benih firman-Mu. Kami siap, Tuhan, untuk mengalami penuaian besar bersama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Amsal 13-15

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.