Rahasia mengalami tuaian besar

BACAAN HARI INI

Yesaya 54:1-8

RHEMA HARI INI

Yesaya 54:2 Lapangkanlah tempat kemahmu, dan bentangkanlah tenda tempat kediamanmu, janganlah menghematnya; panjangkanlah tali-tali kemahmu dan pancangkanlah kokoh-kokoh patok-patokmu!

Pernahkah Anda mengikuti kegiatan pramuka saat sekolah? Salah satu hal yang diajarkan dalam pramuka adalah memasang tenda. Tahukah Anda kalau ada hubungan yang saling berkaitan antara tenda, tali kemah, serta patok-patoknya? Apabila kita memiliki tenda yang besar, tetapi tanah tempat kita membentangkannya sempit, tenda itu tidak bisa membentang sempurna. Ketika kita memiliki lahan yang luas, tetapi tali-tali kemah kita tidak cukup panjang, tenda tersebut juga tidak akan bisa terbentang dengan baik. Namun, sekalipun lahan yang luas dan tali kemah yang panjang sudah tersedia, tetapi patok-patoknya tidak kokoh terpancang, maka tenda itu tidak akan kuat berdiri lama.
Sama halnya dengan hidup kita. Janji Tuhan bisa diibaratkan dengan tenda berukuran besar. Namun, jika tanah hati kita sempit, tenda itu tidak dapat terbentang. Oleh sebab itu, agar tuaian besar yang Tuhan janjikan dapat tertampung, kita pun harus melapangkan tanah hati kita. Mungkin saat ini kita sedang menderita penyakit parah atau terlilit hutang, apabila kita terus-menerus berpikir kita orang yang sakit-sakitan, penuh hutang, dan lain sebagainya, maka kita tidak akan pernah bisa keluar dari keterbatasan kita. Tempat kemah kita akan senantiasa sempit. Namun, ketika kita berani melapangkan tanah hati kita, maka apa yang kita pikirkan, apa yang kita imani, itulah yang akan terjadi dalam hidup kita (Mat. 9:29).

Setelah kapasitas hati kita mulai dilapangkan, hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah membentangkan tenda dan memanjangkan tali kemah. Sebab, iman tidak cukup hanya tersimpan dalam hati saja. Ya, tidak cukup hanya mempercayai janji Tuhan, diperlukan juga suatu tindakan nyata, keberanian untuk melangkah dengan iman (Yak. 2:17). Ketika patok-patok iman sudah kokoh terpancang, dan tenda sudah berdiri dengan sempurna, maka tenda itu pun dapat menampung tuaian besar yang akan Tuhan limpahkan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Rahasia mengalami TUAIAN BESAR adalah kita harus BERANI HIDUP BESAR atau HIDUP LAPANG

APLIKASI

  1. Menurut Anda, apakah tanah hati Anda sudah cukup lapang untuk menerima tuaian besar yang Tuhan janjikan? Mengapa?
  2. Mengapa Anda perlu berani hidup besar untuk menampung tuaian besar dari Tuhan?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri untuk hidup lapang di tahun 2018 ini? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, terima kasih atas tuaian besar yang sudah Engkau siapkan bagi kami. Mampukan kami anak-anak-Mu, ya, Tuhan, agar kami dapat mempersiapkan hati dan hidup kami untuk menerima tuaian besar itu. Sehingga kami pun dapat menjadi penyalur-penyalur berkat yang berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.