Mulai living great

Mulai living great

BACAAN HARI INI
1 Tawarikh 4:9-10

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Nama Yabes memiliki arti “sakit”. Ibunya memberikan nama itu karena rasa sakit saat melahirkan Yabes tidak terlupakan. Arti nama seseorang selalu diyakini dapat memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari. Namun, Alkitab mencatat dengan jelas, Yabes diberkati Tuhan dengan berlimpah, bahkan melebihi saudara-saudaranya. Semua ini terjadi bukan karena kebetulan. Ada kisah yang sangat menginspirasi di balik kesuksesan besar Yabes. Yabes tidak ingin terkungkung dalam kehidupannya yang buruk. Ia pun datang kepada Pribadi yang benar, yang memiliki kuasa untuk mengubah keadaannya. Dengan pertolongan Tuhan, akhirnya keberadaan Yabes berbalik 180 derajat. Sehingga meskipun pada masa kecilnya ia menjadi beban dan membawa masalah bagi orang-orang di sekitarnya, Tuhan memberkatinya dan ia pun boleh menjadi berkat bagi orang-orang di sekitarnya.

Ada ungkapan yang cukup terkenal, “Lahir dalam kemiskinan itu bukan dosamu, tetapi mati dalam kemelaratan itu adalah kesalahan terbesarmu.” Artinya, masa lalu bukanlah penentu masa depan. Masa depan ditentukan oleh perjuangan kita sendiri. Apalagi masa depan kita sebagai anak Tuhan, sepenuhnya tergantung pada hubungan kita dengan Tuhan saat melakukan usaha kita. Seperti Yabes, Ketika kita berani melangkah dan menjangkau hal-hal yang besar, dengan pertolongan Tuhan, kita pasti akan berhasil.

Kalau selama ini kita berpikir bahwa kita tidak mampu berbuat banyak karena masa lalu kita, atau karena keterbatasan, kelemahan, dan hal-hal buruk yang seolah “melekat” dalam hidup kita, sekaranglah waktunya kita mengubah pola pikir kita. Mimpikanlah hal-hal yang besar. Berpikirlah out of the box. Jangan terikat dengan keterbatasanmu. Ingatlah, Allah kita tidak terbatas. Berusahalah dengan sungguh-sungguh; bangun hubungan dengan Tuhan; andalkan Tuhan dalam setiap langkah kita; jangan menyerah; terus berusaha; berdoa minta pertolongan-Nya. Tuhan pasti dengar; Tuhan pasti kabulkan; Tuhan pasti mewujudkan harapan kita. Sebab ini adalah tahun penunaian besar. Amin.

RENUNGAN
Jangan biarkan PATOK KETERBATASAN kita membatasi PEKERJAAN TUHAN untuk masa depan kita; tolaklah LIVING SMALL dan mulai LIVING GREAT!

APLIKASI
1. Apa saja patok-patok keterbatasan dalam hidup Anda saat ini yang bisa menghalangi pekerjaan Tuhan?
2. Mengapa Anda harus mulai living great?
3. Bagaimana Anda dapat mencabut berbagai patok keterbatasan tersebut?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami tidak ingin lagi membatasi pekerjaan-Mu yang tidak terbatas dengan segala keterbatasan kami. Mulai hari ini, kami ingin melapangkan hidup kami dan menyiapkan diri untuk penuaian besar dari-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 7
2 Tawarikh 4

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.