Kebetulan Ilahi

BACAAN HARI INI
Yesaya 58:10-14

RHEMA HARI INI
Yesaya 58:11 TUHAN akan menuntun engkau senantiasa dan akan memuaskan hatimu di tanah yang kering, dan akan membaharui kekuatanmu; engkau akan seperti taman yang diairi dengan baik dan seperti mata air yang tidak pernah mengecewakan

Saat kita menjumpai sesuatu yang tidak terduga, kita menyebutnya sebagai kebetulan. Namun, ketika kita berjalan bersama Tuhan, tidak pernah ada yang namanya sekedar kebetulan. Seperti dalam perjalanan hidup Rino yang terbelenggu oleh obat-obatan terlarang. Saat ia terjerat masalah hukum dan harus menjalani proses tahanan, kebetulan tempatnya ditahan mewajibkan para penghuninya mengikuti ibadah pagi bersama. Kebetulan syair lagu yang dinyanyikan begitu mengena dan pas dengan situasi yang ia hadapi. Saat itulah Roh Kudus menjamah hatinya dan ia pun mulai mengenal Tuhan Yesus. Hati Rino pun rindu untuk mengenal Tuhan lebih lagi. Ia juga ingin lepas dari komunitas buruknya dan mempunyai teman-teman baru.

Namun, belum lama bebas, teman lamanya mengajak Rino kembali menggunakan narkoba. Hari itu juga mereka ditangkap. Kebetulan para petugas yang menangkap mereka adalah orang-orang yang sama dengan yang dulu menangkap Rino. Karena beberapa alasan petugas-petugas tersebut tidak jadi membawa mereka malam itu. Namun mereka mengatakan besok paginya mereka akan kembali. Malam itu Rino menangis ketakutan, ia memohon kepada Tuhan, bila ia dan temannya selamat, ia akan sungguh-sungguh bertobat. Keajaiban terjadi, dengan campur tangan Tuhan, Rino dan temannya betul-betul selamat.

Sesungguhnya, bukan kebetulan Rino harus menjalani hukuman, karena ia jadi mengenal Tuhan Yesus. Bukan kebetulan ia harus nyaris tertangkap lagi, karena setelah itu ia benar-benar bertobat. Ia boleh lahir baru dan belajar untuk melayani Tuhan. Hidup Rino benar-benar diubahkan. Ia mengalami pemulihan hubungan keluarga dan mendapatkan teman-teman baru yang seiman. Hidup yang tadinya hampa tanpa pengharapan, menjadi hidup yang berarti dan penuh berkat. Ya, Tuhan selalu ada bagi kita yang haus dan lapar akan Dia. Sebelum kita menyadarinya, Tuhan sudah memberikan tuntunan-Nya dan memberikan kebetulan-kebetulan ilahi yang akan membawa kita kepada Great Harvest. Terpujilah Tuhan.

RENUNGAN
Tuhan akan memberikan KEBETULAN-KEBETULAN ILAHI yang akan MENGUBAH KEKERINGAN hidup kita menjadi KELIMPAHAN

APLIKASI
1. Apakah Anda menyadari tuntunan Tuhan selama ini? Dalam hal apa saja?
2. Kebetulan-kebetulan ilahi apa yang sudah Anda alami?
3. Bagaimana Anda dapat meresponi kebetulan-kebetulan tersebut sebagai tuntunan dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih Engkau begitu baik dan setia menuntun kami. Kau selalu memberikan kebetulan-kebetulan ajaib dalam hidup kami. Apa adanya kami saat ini, semua hanya karena kasih karunia-Mu yang besar. Ajari kami lebih peka lagi untuk mengerti jalan-jalan yang telah Kau sediakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.