Hukum yang terutama dan pertama

Hukum yang terutama dan pertama

BACAAN HARI INI
Matius 22:34-40

RHEMA HARI INI
Matius 22:37-39 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Mengasihi Tuhan dengan segenap hati adalah hukum yang terutama dan pertama, sedangkan mengasihi sesama adalah hukum yang kedua. Itulah jawaban Yesus kepada seorang ahli Taurat kaum Farisi yang berniat mencobai Dia dengan menguji pemahaman-Nya atas hukum Taurat. Melalui jawaban-Nya, Yesus sedang mengajar kita inti dari seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. KASIH; itulah inti sari dari firman. Inti sari dari kerinduan dan tujuan Tuhan Yesus. Sebab hanya dengan kasihlah, segala sesuatu dapat teratasi.

Namun, bukan sekedar kasih. Dengan spesifik, Yesus menekankan bahwa mengasihi Tuhan adalah yang terutama dan yang pertama. Sebagai Allah, sudah semestinya kita meninggikan-Nya melebihi segala sesuatu. Namun, hal ini bukanlah sekedar kewajiban kita sebagai umat-Nya. Yesus mengetahui dengan pasti, inilah yang sesungguhnya paling kita butuhkan. Ketika kita berusaha mendekat kepada Tuhan dengan segenap diri kita, Dia pun akan mencurahkan kasih-Nya ke dalam hati kita.

Dengan hati yang dipenuhi kasih Tuhan, meskipun sering kali ada banyak hal yang tidak sejalan dengan keinginan hati, tetapi kita dapat mengalahkan keinginan kita sendiri dan meletakkan kepentingan Tuhan di atas kepentingan pribadi. Kita akan berusaha dengan segenap hati memberikan yang terbaik bagi sesama. Menyelamatkan mereka yang terhilang berapa pun harganya. Benar, tanpa kasih Allah yang meluapi hati kita, kita tidak akan mau berusaha ataupun bersusah payah untuk orang lain. Itulah sebabnya, kita perlu mengingat, Tuhanlah yang utama, yang pertama dan lebih dari segalanya. Jangan sampai kita terbalik, mengasihi sesama atau bahkan diri sendiri lebih daripada kita mengasihi Tuhan.

RENUNGAN
Kita harus mengerti bahwa MENGASIHI TUHAN adalah HUKUM TERUTAMA YANG PERTAMA, sedangkan MENGASIHI SESAMA adalah YANG KEDUA

APLIKASI
1. Apakah mengasihi Tuhan sudah menjadi yang pertama dan terutama dalam hidup Anda? Mengapa?
2. Mengapa Anda harus mengasihi Tuhan di atas segalanya?
3. Bagaimana Anda dapat mengasihi Tuhan melebihi orang-orang yang paling Anda kasihi dan bahkan diri Anda sendiri?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami sungguh mengasihimu, dengan segenap hati, segenap jiwa, dan akal budi kami. Engkau begitu baik, kasih-Mu besar kepada kami. Ajari kami Tuhan untuk dapat membalas cinta kasih-Mu, agar kami dapat menyenangkan hati-Mu. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.