Melihat orang lain dengan mata kasih

Melihat orang lain dengan mata kasih

BACAAN HARI INI
1 Samuel 16:1-13

RHEMA HARI INI
1 Samuel 16:7b Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.

Nabi Samuel diutus Tuhan menjumpai Isai dan mengurapi salah satu anaknya menjadi raja bagi bangsa Israel. Isai berpikir pasti Tuhan akan memilih anaknya yang sudah dewasa dan memiliki perawakan yang ideal untuk menjadi raja Israel. Itu sebabnya ia mengabaikan Daud, anak bungsunya yang masih remaja dan menurutnya tidak memiliki potongan sebagai pahlawan, apalagi raja Israel. Namun Tuhan menolak Eliab, lalu Abinadab, dan juga Syama. Bahkan ketujuh anak Isai yang ada di rumah, tidak satu pun ditunjuk-Nya. Barulah ketika Daud dipanggil, Allah menyatakan pilihan-Nya. Pilihan Tuhan sungguh berbeda dengan Isai maupun Samuel. Bukan perawakan fisik yang menjadi pertimbangan-Nya, tetapi Tuhan melihat hati. Sejarah membuktikan bahwa pilihan Tuhan adalah benar. Daud menjadi raja terbesar dalam sejarah bangsa Israel dan dikenang sebagai orang yang mengejar hati Allah.

Seperti Samuel dan Isai, kita cenderung menilai orang lain berdasarkan apa yang terlihat mata. Bahkan kita sering gagal melihat kebaikan dari orang-orang yang dekat dengan kita. Kita hanya dapat melihat kekurangan atau betapa mengecewakannya mereka. Kemudian, tanpa kita sadari, kita telah menghakimi dan memberikan label tertentu pada keberadaan mereka. Namun, dari bacaan hari ini, kita dapat mempelajari bahwa Tuhan melihat dengan cara yang berbeda dengan kita. Terlebih dari apa yang tampak di permukaan, Dia peduli pada apa yang terjadi dalam hati setiap kita. Sebab Dia melihat dengan kacamata kasih.

Tuhan ingin kita bisa melihat seperti cara-Nya melihat. Namun, Dia pun memahami, kelemahan kita sebagai manusia membuat kita sulit untuk melakukannya. Itulah sebabnya, kita perlu memenuhi diri kita dengan kasih Allah. Ya, hati yang penuh dengan kasih Allah akan memengaruhi cara pandang kita terhadap orang lain. Kita tidak lagi mudah menghakimi seseorang, melainkan membangun mereka dengan kasih Tuhan yang kita bagikan kepada orang-orang di sekitar kita. Sehingga visi untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi manusia dengan segenap hati pun tercapai.

RENUNGAN
Dengan KASIH ALLAH, kita bisa MELIHAT orang lain dengan MATA KASIH

APLIKASI
1. Apakah yang dimaksud dengan mata kasih?
2. Sudahkah Anda melihat orang lain dengan mata kasih, bahkan mereka yang sering membuat Anda jengkel? Mengapa Anda sulit untuk melihat mereka dengan mata kasih?
3. Bagaimana Anda dapat melihat orang lain dengan mata kasih?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, penuhilah kami dengan kasih-Mu. Kami ingin dapat melihat orang lain dengan mata kasih, agar kami dapat mengasihi mereka seperti diri sendiri dan membawa mereka mendekat kepada terang kasih-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.