Terlibat dalam pekerjaan Tuhan

Terlibat dalam pekerjaan Tuhan

BACAAN HARI INI
Daniel 12:1-13

RHEMA HARI INI
Daniel 12:3 Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama-lamanya.

Kasih adalah perbuatan. Tindakan yang dilakukan untuk kebaikan pihak yang dikasihi. Saat Tuhan menciptakan manusia, Dia pun ingin kita hidup dalam suasana sorgawi. Bersama-Nya. Karena itulah, sejak manusia jatuh ke dalam dosa untuk pertama kalinya di taman Eden, Allah telah merencanakan jalan keselamatan bagi umat manusia. Tujuan-Nya itu pun terlaksana melalui kelahiran Yesus Kristus ke dunia (Yoh. 3:16). Namun itu bukanlah akhir dari kisah kasih Allah. Keselamatan hanyalah awal dari misi Allah. Jika kita memperhatikan kehidupan Yesus selama di bumi, kita pun dapat melihat pola rancangan keselamatan-Nya dengan lebih jelas lagi.

Sebelum Yesus memulai pelayanan-Nya, Dia memberi untuk dibaptis. Ini adalah lambang pertobatan (Mat. 3:11). Segera setelah itu, Yesus mulai memanggil murid-murid-Nya. Dalam komunitas yang bertambah dekat dari hari ke hari tersebut, Dia mulai mendidik mereka. Dia memberikan teladan kasih dalam melayani orang banyak, menyingkapkan kehendak Allah dalam diri-Nya, dan mengajarkan tentang Kerajaan Sorga. Setelah murid-murid-Nya melihat cukup dan belajar banyak, Yesus pun memberikan amanat agar mereka memberitakan Injil sampai ke ujung bumi (Mat. 28:19-20, Kis. 1:8). Dengan demikian, jika diringkas, inilah pola misi-Nya: menyelamatkan, menggabungkan, memuridkan, dan mengutus sampai Kerajaan Allah ditegakkan di bumi seperti di sorga.

Perhatikan bagian akhir Amanat Agung, “ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu” (Mat. 28:20). Hal ini berarti amanat tersebut tidak dikhususkan bagi para rasul saat itu, tetapi diturunkan kembali kepada setiap orang yang diselamatkan, digabungkan, dimuridkan, dan yang suatu saat akan tiba saatnya untuk diutus. Bukan berarti Tuhan tidak bisa menyelamatkan dunia seorang diri, tetapi ini adalah kehormatan yang Dia karuniakan bagi kita. Agar setiap orang yang percaya boleh turut mengambil bagian dalam pekerjaan kerajaan-Nya. Agar melalui kita, Dia dapat mengubah bumi menjadi tempat yang penuh kasih Allah. (MV.L)

RENUNGAN
Allah akan melakukan semua yang bisa dilakukan supaya ada sorga di bumi, dan berita baiknya adalah DIA MAU MELIBATKAN KITA DI DALAMNYA

APLIKASI
1. Apa saja yang telah Allah lakukan untuk menghadirkan sorga di bumi?
2. Mengapa Tuhan ingin melibatkan Anda di dalam-Nya?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mulai terlibat dalam misi Allah?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ini kami. Libatkanlah kami dalam misi-Mu. Pakailah seluruh hidup kami sesuai dengan tugas yang Engkau karuniakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.