Menjadi keluarga Allah

Menjadi keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:1-14

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Alkitab menyebut orang-orang percaya sebagai anak Allah. Seorang anak berarti memiliki pengaruh dari orangtuanya. Seperti seorang anak presiden, ke mana pun ia pergi, ia akan menerima segala fasilitas yang terbaik karena nama besar orangtuanya. Begitu pun seorang anak jenderal atau konglomerat, ia memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal karena memang orangtuanya mampu untuk mendukung. Bila satus seorang anak dari orang-orang berkuasa di dunia dapat membuat banyak perbedaan, bagaimana dengan anak Allah? Allah jauh lebih berkuasa. Dialah yang menciptakan langit dan bumi. Bisa dibayangkan betapa besar pengaruh dan kuasa yang dimiliki, serta perbedaan yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang diangkat anak oleh Tuhan.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang Kristen yang hidup dengan tidak memahami statusnya sebagai anak Allah. Kita seolah tidak menyadari betapa besarnya perbedaan yang dapat Tuhan lakukan dalam hidup kita. Kemudian kita membiarkan berbagai persoalan mengubur identitas kita sebagai anak-Nya. Ketidakberdayaan begitu mengungkung kita, sehingga lama-kelamaan kita menjadi Kristen pasif dan pasrah menerima keadaan. Kita pikir semua kelepasan dan kedamaian yang Tuhan janjikan baru akan kita dapatkan saat di sorga nanti.

Padahal, status sebagai anak telah Allah berikan saat kita percaya serta menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Tidak peduli kita layak ataupun tidak. Hal ini berarti hidup kita di dunia ini sama pentingnya bagi Tuhan dengan hidup kita di sorga kelak. Melalui hidup kita, Dia juga ingin mengadakan perbedaan yang nyata dan menghadirkan sorga ke dalam hidup banyak orang. Baik itu di rumah, di tempat kerja, dalam lingkungan pergaulan, di kota, dan juga bangsa kita. Oleh sebab itu, berdoalah lebih sungguh-sungguh lagi, teruslah berjuang dan lakukan yang terbaik, sampai Kerajaan Allah ditegakkan di bumi seperti di sorga.

RENUNGAN
BERGABUNG dalam KELUARGA-NYA ALLAH adalah ANUGERAH dan KEHORMATAN yang sangat besar

APLIKASI
1. Apa arti menjadi anak dan bagian dari keluarga Allah bagi Anda?
2. Bagaimana cara agar Anda bisa menjadi anaknya Allah? Apa saja yang bisa Anda lakukan sebagai anak Allah?
3. Bagaimana Anda dapat menghadirkan sorga di bumi?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, hanya oleh kasih karunia-Mu semata kami dapat menjadi anak-anak-Mu, kami mendapat kehormatan besar dapat memanggil-Mu Bapa. Kami mau Bapa, hidup kami dapat membawa hadirat-Mu, menghadirkan sorga di mana pun dan kepada siapa pun yang kami temui. Terima kasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.