Kunci memanifestasikan diri

Kunci memanifestasikan diri

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 1:1-14

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Saat kita menerima Yesus dan percaya kepada-Nya, Tuhan memberikan kita hak sebagai anak-anak Allah (Yoh. 1:12 BIS). Namun, menjadi anak Allah tidak serta-merta membuat kuasa-Nya termanifestasikan dalam hidup kita. Masih banyak dari kita yang cara berpikir dan hidupnya sulit dibedakan dengan orang dunia. Hal ini pun sempat terjadi pada para rasul. Selama pelayanan Yesus di bumi, setiap hari mereka mengikuti Yesus, mendengarkan pengajaran-Nya, dan melihat perbuatan-perbuatan kasih-Nya. Namun, ketika Yesus memberitahukan tentang kematian dan kebangkitan-Nya, Petrus malah menegur-Nya (Mat. 16:21-23). Tepat setelah Yesus mengajarkan konsep kerendahan hati dalam Kerajaan Allah, Yakobus dan Yohanes meminta posisi di sebelah kanan dan kiri Yesus dalam Kerajaan-Nya (Luk. 20:16,21).

Kekeliruan para murid ini terjadi karena diri mereka masih dipenuhi gagasan duniawi tentang pekerjaan Allah di dunia. Namun, pada akhirnya, ke mana pun Petrus pergi, ia melakukan banyak mujizat dan mempertobatkan banyak jiwa. Ia pun dikenal sebagai Bapa Gereja (Mat. 16:18). Yakobus menjadi martir pertama dari antara para rasul. Yohanes menerima wahyu akhir zaman dan orang-orang mengenangnya sebagai Rasul Kasih. Apakah yang membuat perubahan luar biasa dalam hidup mereka? Apa yang membuat murid-murid mampu mendemonstrasikan kuasa, hikmat, dan kasih Allah dalam hidup mereka?

Jawabannya hanya satu. Saat mereka menerima Roh Kudus dalam segala kepenuhan-Nya, kuasa Allah dinyatakan atas mereka (Kis. 2). Seperti orang-orang percaya yang terus bertekun dalam doa dan menantikan Tuhan di ruang atas Yerusalem, hendaknya kita juga sungguh-sungguh meminta kepenuhan Roh Kudus setiap harinya. Ambil juga waktu untuk berpuasa dan merenungkan firman-Nya. Jika Allah mendominasi kita, hidup tidak lagi sekedar hidup, tetapi hidup dan berkuasa. Di mana pun kita berada, kita akan memancarkan sinar kemuliaan Allah, sehingga dunia bisa mengenal Allah dan Kerajaan Allah ditegakkan di bumi seperti di sorga. (MV.L)

RENUNGAN
Kunci agar kita bisa MEMANIFESTASIKAN DIRI sebagai anak-anak Allah kepada dunia adalah MENERIMA ROH KUDUS dalam segala kepenuhan-Nya

APLIKASI
1. Apa maksudnya memanifestasikan diri sebagai anak-anak Allah?
2. Mengapa Anda perlu memanifestasikan diri sebagai anak-anak Allah kepada dunia?
3. Bagaimana Anda dapat menerima Roh Kudus dalam segala kepenuhan-Nya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa terkasih, kami mau hidup kami didominasi oleh-Mu. Berikan kami ketekunan, agar kami dapat memanifestasikan diri sebagai anak-anak-Mu kepada dunia. Biarlah melalui hidup kami, Kerajaan-Mu dapat ditegakkan di bumi seperti di sorga. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.