Memperlakukan firman Tuhan dengan serius

Memperlakukan firman Tuhan dengan serius

BACAAN HARI INI
Yosua 1:1-9

RHEMA HARI INI
Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Mendengar lalu melupakan. Membaca dan tidak mengingat lagi. Bahkan mengerti hal yang baik tetapi tidak melakukannya. Berapa banyak dari kita yang sering mengeluh bahwa rasanya kita sudah setia membaca firman, bahkan hafal dengan cerita-cerita Alkitab, tetapi mengapa hidup kita jauh dari keberhasilan dan keberuntungan Allah? Kelompok ahli Taurat, orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki adalah sekelompok orang yang mengerti Hukum Taurat. Mereka pun ahli dalam hal agama. Namun, kehidupan mereka juga jauh dari kata berhasil dan beruntung. Tuhan Yesus justru mencela keberadaan mereka, kenapa? Sebab mereka hanya menghafal dan mengerti ajaran Tuhan, tanpa disertai dengan perbuatan nyata.

Kita beruntung, sebab Allah kita adalah Tuhan yang luar biasa, Tuhan yang pernah menjadi manusia seutuhnya. Pengalaman hidup Tuhan Yesus sebagai manusia membuat-Nya mengetahui secara pasti kesulitan kita untuk memerangi kedagingan kita. Kabar baiknya, Tuhan memberi solusi terbaik, supaya manusia bisa hidup berhasil dan beruntung. Rahasia memiliki perjalanan hidup yang berhasil dan beruntung adalah dengan tidak menjadi pengikut Kristus yang biasa-biasa saja. Tidak cukup hanya membaca firman-Nya setiap hari, tidak cukup juga hanya mendengar firman saat beribadah. Firman Tuhan tidak cukup hanya dibaca, didengar, dan dimengerti, tetapi kita perlu memperkatakan dan merenungkan firman itu siang dan malam.

Benar, memperlakukan firman Tuhan dengan serius, jauh lebih penting dari apa pun yang kita baca sehari-hari, jauh lebih berharga dibandingkan apa pun yang kita dengar dan kita pikirkan sepanjang hari. Memperkatakan dan merenungkan firman Tuhan siang dan malam, akan membuat kita berhati-hati dalam bertindak dan mengambil keputusan-keputusan penting. Hal ini akan memberi pengaruh besar dalam setiap aktifitas dan kehidupan kita. Jika kita bertindak sesuai dengan apa yang telah Tuhan firmankan, Dia pun akan membukakan tingkap-tingkap langit, dan berkat-berkat akan dicurahkan dalam hidup kita. Demikianlah perjalanan hidup kita penuh dengan keberhasilan dan keberuntungan Allah. Amin.

RENUNGAN
Hanya ketika kita MEMPERLAKUKAN FIRMAN TUHAN DENGAN SERIUS, Tuhan akan MEMBUKAKAN TINGKAP-TINGKAP LANGIT-NYA bagi kita

APLIKASI
1. Bagaimanakah cara Anda memperlakukan firman Tuhan selama ini?
2. Mengapa Anda perlu memperlakukan firman Tuhan dengan serius?
3. Bagaimana Anda dapat mulai memperlakukan firman Tuhan dengan serius?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang terkasih, terima kasih untuk setiap firman yang Engkau berikan kepada kami. Biarlah firman-Mu dapat menerangi jalan kami, sehingga kami dapat melangkah ke tempat di mana Engkau akan membukakan tingkap-tingkap langit-Mu bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.