Menjadi kuat dan kokoh di dalam Tuhan

Menjadi kuat dan kokoh di dalam Tuhan

BACAAN HARI INI
Yosua 1:1-18

RHEMA HARI INI
Yosua 1:7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi

Sepanjang hidup, kita akan mengalami berbagai musim kehidupan. Sementara Tuhan menjanjikan musim tuaian berkat yang besar, kita juga akan merasakan yang namanya musim kekeringan. Saat masa itu tiba, kita pun akan menghadapi tantangan dan tekanan finansial yang tak tertahankan. Mungkin kita sudah tekun berdoa, tetapi Tuhan seolah begitu jauh dan tidak mendengarkan seruan kita. Kemarau panjang pun membuat pundi-pundi keuangan kita semakin mengering.

Entah kesukaran apa yang tengah kita hadapi saat ini, marilah kita mengamati sejenis tanaman rumput unik bernama bambu. Seperti yang kita ketahui, bambu tingginya menjulang ke langit. Namun, setinggi apa pun bambu tumbuh, kita jarang melihatnya roboh diterpa angin, bahkan oleh angin puting beliung sekalipun. Karakternya yang fleksibel membuat bambu lebih kuat dari pohon besar lainnya. Satu fakta menarik, bambu tidak langsung tumbuh tinggi ke atas. Bambu harus menjalani proses pertumbuhan di bawah tanah yang sangat lama, yaitu sekitar tiga sampai lima tahun. Setelah itu, barulah bambu mengalami pertumbuhan ke atas yang sangat pesat, yang bisa mencapai 90 cm per harinya.

Seperti itu jugalah Tuhan memproses kehidupan kita. Dia mengizinkan semua kesulitan yang tengah kita lalui saat ini untuk membangun fondasi karakter kita. Agar kita dapat belajar mengelola berkat yang Tuhan berikan dan mempertanggungjawabkan apa yang kita miliki. Sehingga ketika Dia memberikan terobosan dan mengangkat kita tinggi, kita tidak lagi menjadi anak-anak gampangan yang mudah terombang-ambingkan oleh angin dan rupa-rupa dunia. Oleh karena itu, kuatkan dan teguhkanlah hati kita. Jangan menyerah, jangan berputus asa, dan berakarlah di atas dasar firman Tuhan. Ingatlah, Sang Guru selalu diam selama ujian berlangsung. Saat Tuhan menilai fondasi kita sudah cukup kokoh, Open Heaven pun akan Dia curahkan ke atas hidup kita.

RENUNGAN
Sering kali MASA SUKAR adalah cara Tuhan MENGGEMBLENG KITA, supaya ketika Dia MENGANGKAT KITA, kita bisa BERDIRI KOKOH

APLIKASI
1. Bagaimana respons Anda ketika berada dalam masa sukar?
2. Menurut Anda, apa maksud dan tujuan Tuhan mengizinkan masa sukar terjadi dalam hidup Anda?
3. Apa upaya Anda agar dapat berhasil bertahan dalam masa sukar?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang penuh kasih, terima kasih atas kebenaran firman-Mu. Kami sadar bahwa semua proses kehidupan yang Engkau izinkan terjadi, semata-mata untuk kebaikan kami. Beri kami roh yang pantang menyerah, dan ketahanan dalam menghadapi pergumulan, sehingga kami berhasil dan tampil sebagai pemenang. Bahkan lebih dari pemenang. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.