Mempertanggungjawabkan berkat Tuhan

Mempertanggungjawabkan berkat Tuhan

BACAAN HARI INI
Kejadian 50:14-21

RHEMA HARI INI
Kejadian 50:20 Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Dalam dunia yang telah jatuh ke dalam dosa ini, hidup seolah berpihak kepada orang-orang yang memiliki uang yang berlimpah. Dengan uang, apa pun bisa dibeli, termasuk kekuasaan sekalipun. Itulah sebabnya, orang-orang yang memiliki banyak harta bisa menjadi orang yang paling ditakuti banyak orang. Ketika Yakub meninggal dunia, ketakutan pun meliputi kesepuluh kakak Yusuf yang telah mencelakakannya di masa lalu. Yusuf bukan saja telah memiliki harta berlimpah, tetapi juga kuasa yang besar. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan Yusuf terhadap mereka. Untuk menyelamatkan nyawa mereka, saudara-saudara Yusuf pun membawa nama ayah mereka dan menyerahkan diri sebagai budak. Di luar imajinasi mereka, Yusuf bukan hanya melepaskan nyawa mereka, atau mengampuni kesalahan mereka sepenuhnya. Namun, sebagai ganti pembalasan dendam, ia malah memastikan kesejahteraan saudara-saudaranya dan juga keluarga mereka.

Secara manusia, mungkin tidak akan ada yang menyalahkan Yusuf jika ia menjadikan saudara-saudaranya sebagai budak. Namun Yusuf memahami, ada alasan yang jauh melampaui dirinya sendiri ketika Tuhan mengangkatnya sedemikian tinggi dan melimpahinya dengan berkat. Ia menyadari, yang terpenting dan menjadi kerinduan Tuhan adalah mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama dengan segenap hati (ay.20). Sebagai bentuk pertanggungjawabannya atas berkat yang Tuhan berikan, Yusuf pun komit pada rencana Tuhan.

Kita pun perlu menyadari, saat Tuhan memberikan kita terobosan dan membukakan tingkap-tingkap langit, semua itu bukanlah untuk kepentingan diri kita sendiri. Sudah selayaknya bila kita mempergunakan semua itu untuk membalas kebaikan-Nya dan menjadi berkat bagi orang banyak. Benar, apa pun profesi kita saat ini, apa pun berkat yang Tuhan berikan, kita mendapat tugas untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama melalui profesi kita. Pergunakanlah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas berkat yang Tuhan berikan. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
PERGUNAKANLAH BERKAT TUHAN untuk Love God Love People with Passion sebagai BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN atas berkat yang Tuhan berikan

APLIKASI
1. Berkat apa sajakah yang sudah Anda terima dari Tuhan? Sudahkan Anda mempertanggungjawabkannya kepada Tuhan?
2. Mengapa Anda perlu mempertanggungjawabkannya?
3. Apa yang dapat Anda lakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas berkat-berkat yang Anda terima?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur atas berkat yang Engkau berikan, ajar kami untuk menggunakan berkat tersebut untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama dengan segenap hati. Biarlah hidup kami di bawah Sorga Terbuka dapat menyenangkan hati-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Source https://gbika.org/site/mempertanggungjawabkan-berkat-tuhan/

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.