Mengasihi Tuhan dengan segenap hati

Mengasihi Tuhan dengan segenap hati

BACAAN HARI INI
Ulangan 6:1-11

RHEMA HARI INI
Ulangan 6:5 Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu.

Suatu perusahaan cokelat terkemuka membagi-bagikan produk terbaru mereka kepada setiap anak di TK yang mereka datangi. Semua anak tampak bersemangat membuka bungkusan cokelat mereka, tetapi Tina hanya memandangi cokelatnya dan menyimpannya dalam tas. Seorang guru yang melihatnya lalu bertanya apakah ia tidak menyukai cokelat. Dengan senyum lebar, Tina menjawab, “Tidak Bu Guru, aku sangat menyukai cokelat, tapi aku lebih suka papa dan mamaku. Mereka pasti senang bisa makan cokelat baru.” Perkataan Tina yang menggemaskan ini kemudian disampaikan kepada orangtuanya. Di akhir minggu, orangtua Tina mengajaknya ke tempat makan es krim di mall. Selama ini, Tina hanya bisa memandangi pajangan-pajangan berbentuk es krim dari luar, karena kata papa mamanya, es krim di tempat itu mahal. Sungguh tak disangka, kini Tina bisa mendapatkan es krim cokelat berbentuk beruang yang sudah lama diidam-idamkannya.

Bagi gadis sekecil Tina, mungkin ia tidak tahu mengapa tiba-tiba papa mamanya membelikannya es krim tersebut. Namun, tentu kita mengerti semua itu karena hati mereka luluh atas tindakan kasih yang Tina perlihatkan. Demikian juga dengan Bapa kita di sorga, hati-Nya pun akan tersentuh bila Dia melihat kita mengasihi-Nya terlebih dari apa pun yang kita inginkan di dunia ini.

Satu hal yang perlu kita pahami, ketika Tuhan memberikan kita perintah untuk mengasihi-Nya, Dia tidak sedang memaksa kita. Namun, Dia tahu, hanya saat kita mengasihi-Nya dengan segenap hati, kita akan mendahulukan kepentingan-Nya dan menuruti perkataan-Nya yang tersulit sekalipun. Kemudian, selagi kita menjalankan setiap perintah-Nya, kita pun akan menemukan, di balik semua perintah-Nya, terdapat kasih tak terbatas, yang mendatangkan kebaikan bagi kita dan bahkan orang lain. Demikianlah berkat Abraham yang dijanjikan kepada kita juga dapat menjadi kekayaan sejati yang memancarkan berkat bagi sekeliling kita.

RENUNGAN
Bagian KEWAJIBAN kita yang PERTAMA DAN TERUTAMA dalam menerima Berkat Abraham adalah MENGASIHI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mendapat penggenapan janji Allah dalam hidup Anda? Bila belum, dalam hal apa sajakah itu?
2. Menurut Anda, mengapa janji Allah belum digenapi dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda dapat mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan mewujudkannya dalam tindakan kasih?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami ingin mengasihi-Mu lebih dari segala sesuatu dalam hidup kami. Jauhkanlah kiranya segala hal yang membuat kami kehilangan kasih-Mu. Engkaulah yang pertama dan utama, sekarang dan sampai akhir hidup kami. Terima kasih, Bapa, atas segalanya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.