Berkat di balik perintah menghormati orangtua

Berkat di balik perintah menghormati orangtua

BACAAN HARI INI
Ulangan 5:16-22

RHEMA HARI INI
Ulangan 5:16 Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Tuhan tidak pernah menganjurkan kita untuk menghormati ayah dan ibu kita. Itu adalah perintah. Bukan pilihan. Perintah ini pun tidak hanya berlaku untuk anak-anak yang masih tinggal di rumah orangtuanya, tetapi juga bagi mereka yang telah membangun rumah tangganya masing-masing. Alkitab memang mengatakan setiap orang akan meninggalkan orangtua dan bersatu dengan pasangannya (Kej. 2:24), tetapi ini bukanlah alasan bagi kita untuk melupakan peran sebagai anak. Bukan pula berarti ikatan dan kewajiban kita terhadap orangtua tidak lagi berlaku.

Suatu kali, Yesus menegur orang-orang Farisi dan ahli Taurat yang menyatakan karena mereka telah mempersembahkan semua milik mereka kepada Allah, mereka tidak lagi bertanggung jawab atas kehidupan orangtua mereka (Mat. 5:3-9). Terhadap mereka, dengan tegas Tuhan mengatakan, percuma saja mereka beribadah, sedangkan perintah Allah mereka abaikan dan pengajaran mereka berdasarkan pemikiran manusia belaka. Hal ini menunjukkan betapa Tuhan memandang serius perintah-Nya untuk menghormati orangtua.

Allah kita adalah Allah yang spesifik. Tentu ada alasan mengapa Dia menempatkan perintah untuk menghormati orangtua kita di atas kelima hukum lainnya yang mengatur hubungan kita dengan sesama. Ketahuilah, ketika Allah memberikan perintah untuk menghormati orangtua, ia juga menyertakan janji-Nya. Tidak peduli mereka adalah orangtua yang baik, maupun orangtua yang telah mengecewakan kita, Tuhan memberikan otoritas atas hidup kita kepada mereka. Bagaimana kita memperlakukan dan mengasihi mereka menentukan bagaimana berkat Tuhan tercurah atas hidup kita. Jika hubungan kita dengan orangtua kita baik, kita pun dapat menjalani hari-hari dengan lebih tenang dan penuh damai sejahtera. Tuhan pun tidak akan lupa mengaruniakan kebahagiaan dan memelihara umur kita di bumi. Sehingga hari demi hari, selagi kita berjuang menggenapi rencana Tuhan dalam hidup kita, kita boleh menikmati kehidupan keluarga yang baru, yang segar, dan yang menyenangkan hati Tuhan. (MV.L)

RENUNGAN
Di balik perintah untuk MENGHORMATI ORANGTUA, Tuhan telah menyediakan BERKAT KEBAHAGIAAN dan BERKAT PANJANG UMUR

APLIKASI
1. Bagaimanakah sikap Anda terhadap orangtua selama ini?
2. Mengapa Tuhan ingin Anda menghormati orangtua Anda?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menghormati orangtua Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang penuh kasih, ampuni kami apabila selama ini kami kurang menghargai keberadaan orangtua kami. Perbarui hati dan pikiran kami, ya, Roh Kudus, agar kami dapat menghasihi dan menghormati orangtua kami dengan cara yang menyenangkan hati-Mu. Sehingga dalam keluarga kami, kami boleh mencicipi indahnya sorga di bumi. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.