Kasih Allah yang memampukan

Kasih Allah yang memampukan

BACAAN HARI INI
Efesus 4:21-32

RHEMA HARI INI
Efesus 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Sebagaimana tak ada keluarga yang sempurna, orangtua pun memiliki kekurangannya masing-masing. Beberapa orangtua terlalu keras dalam mendidik anak. Mereka tidak mau menerima pendapat atau berkomunikasi dengan anak-anaknya. Mereka pun cenderung memaksakan keinginan tanpa memikirkan apa yang sebenarnya anak mereka butuhkan dan inginkan. Pada sebagian keluarga, orangtua sering memiliki anak emas. Anak yang dianggap lebih pintar, lebih cakap, dan lebih hebat dari anak yang lain. Sebagian orangtua lainnya bahkan menelantarkan anak-anak mereka. Mereka tidak cukup peduli untuk mendampingi dan menolong saat anak bertumbuh besar.

Sikap-sikap orangtua seperti ini dapat menimbulkan rasa tertolak, bibit kepahitan, dan hilangnya keberhargaan diri pada anak. Kekecewaan yang tumbuh pun membuat mereka menjadi anak yang suka memberontak. Beberapa anak mungkin berupaya hidup berlawanan dari apa yang orangtuanya kehendaki, hanya untuk mendapat pengakuan dan penerimaan. Bila tidak ditangani dengan benar, luka hati dan kepahitan ini akan terus terbawa sepanjang hidup anak.

Sebagai anak, seberapa banyak dari kita yang pernah merasakah hal serupa dan sampai saat ini masih menyimpan kepahitan pada orangtua? Jangankan menghormati, bisa jadi kita pun membenci mereka. Namun, kita perlu mengingat, seberapa dalamnya pun sakit hati kita, tanpa mereka, kita tidak akan hadir di dunia ini. Meskipun sulit, Tuhan ingin kita mengampuni dan mengasihi mereka. Ingatlah, kita pun bukanlah pribadi yang sempurna. Namun, tak peduli seberapa banyak kita sudah dan masih menyakiti hati-Nya, kasih dan pengampunan-Nya selalu tersedia bagi kita. Alamilah pengampunan Allah secara pribadi dan penuhi hati kita dengan kasih-Nya, ini akan memampukan kita untuk memaafkan orangtua kita. Dengan memaafkan pun, sebenarnya kita sedang mengobati hati kita sendiri. Bila perlu ikutlah retreat Encounter, agar pemulihan dan terobosan dalam hubungan keluarga boleh terjadi. Tuhan pun akan sangat disukakan dengan kehidupan baru dalam keluarga kita yang rukun penuh kasih dan saling mengampuni.

RENUNGAN
Penuhilah hati dengan KASIH ALLAH, sehingga kita dapat MEMAAFKAN ORANGTUA, seberapa dalamnya pun mereka mengecewakan kita

APLIKASI
1. Apakah hidup Anda masih menyimpan kepahitan dan kekecewaan kepada orangtua Anda? Soal apakah itu?
2. Apa yang diakibatkan dari menyimpan rasa pahit dan kecewa pada orangtua Anda?
3. Apakah Anda ingin memiliki hubungan baru yang penuh kasih Allah dengan orangtua Anda? Tindakan apa yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih Engkau telah memberikan orangtua terbaik bagi kami. Walaupun terkadang kami kecewa dan sakit hati pada mereka, tetapi kami mau buang jauh-jauh kepahitan dari hati kami, Bapa. Isi hati kami penuh-penuh dengan kasih-Mu, hingga kami mampu memaafkan orangtua kami dan menyayangi mereka setulus hati. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.