Wujud penghormatan terhadap orangtua

Wujud penghormatan terhadap orangtua

BACAAN HARI INI
Amsal 23:15-25

RHEMA HARI INI
Amsal 23:25 Biarlah ayahmu dan ibumu bersukacita, biarlah beria-ria dia yang melahirkan engkau.

Seorang ibu berusia lanjut dan anaknya mendatangi klinik gigi. Gigi ibu itu sudah tanggal semuanya dan ia hendak membuat gigi palsu. Dokter gigi di tempat itu pun menawarkan gigi palsu dengan kualitas yang bagus, tetapi ibu itu menolak keras. Ia ingin yang termurah. Sementara itu, si anak hanya sibuk dengan ponsel canggihnya. Akhirnya, dokter itu menyerah dan memberikan harga untuk gigi palsu berkualitas rendah. Dengan tangan gemetaran, ibu itu mengambil kain bungkusan dari tasnya yang lusuh. Ia membuka lapisan kain tersebut dan mengeluarkan sejumlah uang muka. Dokter itu sungguh tak habis pikir, padahal anak itu tampak berduit. Tak disangka, beberapa saat kemudian anak itu kembali dan berkata, “Dok, tolong buatkan gigi porselen yang terbaik buat ibu saya. Tidak masalah berapa pun biayanya, saya yang tanggung. Tapi, jangan mengatakan hal yang sebenarnya kepada ibu saya. Ia sangat hemat dan tidak suka menyusahkan anak-anaknya.”

Kasih orangtua sungguh luar biasa. Saat kita kecil, mereka lakukan apa saja untuk kita. Tak jarang, mereka berupaya menyediakan semua yang terbaik. Namun, saat tiba giliran kita memberikan yang terbaik bagi orangtua, mereka malah tidak ingin membebani kita. Mungkin tidak semua orangtua sedemikian baik. Namun, ilustrasi yang menyentuh hati di atas mengingatkan bagaimana seharusnya seorang anak memperlakukan orangtuanya.

Sebagai anak, sudah sewajarnya jika kita berusaha meringankan beban orangtua di hari tua. Saat mereka membutuhkan pertolongan, baik mereka memintanya atau tidak, janganlah menganggapnya sebagai beban, tetapi kesempatan. Ingatlah, Tuhan melihat setiap perbuatan kita dan tidak melupakannya. Ketika kita menyenangkan hati orangtua kita, Tuhan pun berkenan. Dia bukan hanya akan memberikan anugerah-Nya yang luar biasa di masa sekarang, tetapi Tuhan akan membuat sukacita kita meluap dan kita sendiri beria-ria di masa tua kita kelak. (ABU)

RENUNGAN
Memberikan SUPPORT DENGAN SUKACITA kepada orangtua adalah salah satu WUJUD PENGHORMATAN kita terhadap mereka

APLIKASI
1. Apa yang sudah Anda lakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap orangtua Anda?
2. Mengapa Anda harus mewujudkan penghormatan kepada orangtua Anda?
3. Bagaimana Anda dapat memberikan support kepada orangtua Anda mulai dari sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur atas orangtua yang Engkau berikan pada kami. Terima kasih untuk kesempatan menjadi berkat bagi mereka. Tunjukkanlah kami caranya agar kami dapat senantiasa mendukung dan menghormati orangtua kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.