Menghadapi kesukaran untuk menikah

Menghadapi kesukaran untuk menikah

BACAAN HARI INI
Matius 19:4-12

RHEMA HARI INI
Matius 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.”

Kita tentu pernah mendengar pernyataan, “Lebih baik terlambat menikah daripada salah pilih pasangan.” Hal ini karena menikah itu berlaku seumur hidup. Jika buru-buru menikah dengan pasangan yang tidak sesuai, penyesalan akan mewarnai perjalanan pernikahan kita. Karena itu, tidak sedikit orang yang menunda untuk menikah karena beragam faktor, mulai dari mencari pasangan yang cocok hingga mengejar karier. Namun, jika kita tidak berhati-hati, masa lajang kita bisa lebih panjang, lebih lama dari yang seharusnya.

Beberapa dari kita mungkin memiliki standar yang terlalu tinggi saat memilih pasangan. Ada juga yang sadar atau tidak, takut menikah karena trauma saat melihat perlakuan kasar papanya terhadap mamanya, atau sebaliknya. Selain itu, banyak juga dari kita yang mengutamakan pendidikan demi meraih kesuksesan masa depan. Beberapa lainnya mungkin menunggu hingga bisa mapan keuangannya sebelum memutuskan untuk menikah. Namun, ada juga orang yang memutuskan untuk hidup melajang karena ingin mendedikasikan hidupnya untuk pekerjaan Allah.

Setiap orang yang belum menikah punya alasan masing-masing saat menggumulkan tentang pernikahan. Akan tetapi, kita bisa terbuka dan mengungkapkan keinginan kita kepada Tuhan dalam doa-doa kita. Kita perlu bergantung kepada Roh Kudus. Jika mengandalkan hikmat dan kekuatan kita sendiri, kita mungkin tak pernah bisa menikah karena tak menemukan pasangan yang sempurna. Atau kita tak bisa lepas dari trauma masa lalu. Atau kita terus berfokus pada karier dan pendidikan, sehingga waktu berlalu begitu saja di depan kita. Apa pun kendala yang kita hadapi, teruslah bergantung kepada Allah yang setia menyertai kita. Percayalah bahwa Dia akan membuka jalan untuk memberkati kita dan mempertemukan kita dengan pasangan hidup yang sesuai dengan kehendak-Nya. Sedangkan bagi orang yang memutuskan untuk melajang, teruslah bersyukur dan melakukan yang terbaik bagi Tuhan.

RENUNGAN
Beberapa hal bisa membuat kita SUKAR MENIKAH, tetapi BERGANTUNGLAH PADA TUHAN yang akan mempertemukan kita dengan ORANG YANG TEPAT

APLIKASI
1. Masalah apa saja yang membuat Anda menunda pernikahan Anda?
2. Mengapa mengandalkan Tuhan itu penting untuk mengatasi masalah-masalah yang Anda hadapi sebelum memasuki pernikahan?
3. Bagaimana Anda dapat mengatasi hal-hal yang membuat Anda sukar menikah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ajar kami untuk terbuka menyatakan keinginan dan pergumulan kami saat memilih pasangan hidup. Beri kami hati yang taat dan terus mengandalkan-Mu. Kami percaya, Engkau akan mempertemukan kami dengan orang yang tepat di saat yang tepat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.