Bertumbuh bersama dalam hikmat Tuhan

Bertumbuh bersama dalam hikmat Tuhan

BACAAN HARI INI
Amsal 2:6-17

RHEMA HARI INI
Amsal 2:10-12a Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu; kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat

Ada sebuah dongeng anak-anak yang menceritakan tentang seorang pemuda miskin bernama Aladdin. Suatu hari, ia menemukan lampu tua misterius. Ketika lampu itu digosok, keluarlah sesosok jin yang dapat mengabulkan permintaannya. Saat itu juga, Aladdin pun meminta kekayaan. Kisah ini menggambarkan betapa besarnya hasrat banyak orang di dunia ini untuk mengejar kekayaan. Namun, tidak demikian dengan Salomo. Ketika Tuhan bertanya apa yang ia inginkan, alih-alih meminta kekayaan, ia meminta hikmat dari Tuhan (1 Raj. 3:5-9). Salomo memahami, kekayaan memang dapat membuatnya memperoleh banyak hal, tetapi kita harus mengingat bahwa segala sesuatu di dunia ini hanya bersifat sementara. Bisa hilang dalam sekejap. Namun, tidak demikian dengan hikmat yang bahkan jauh lebih berharga dari kekayaan (Ams. 3:13-15).

Sejatinya, kita semua membutuhkan hikmat lebih dari apa pun juga dalam kehidupan sehari-hari kita. Hanya dengan pertolongan hikmat Tuhan, kita dapat mengambil keputusan yang benar ketika berhadapan dengan persoalan-persoalan hidup. Dengan hikmat juga, kita dapat membangun bisnis, kehidupan rohani, dan hubungan yang harmonis dalam keluarga. Ya, hikmat Allah sangatlah diperlukan dalam kehidupan rumah tangga. Jadikanlah firman Allah sebagai satu-satunya pedoman yang kita pakai dalam rumah tangga kita; baik itu dalam hubungan antara suami-istri maupun orangtua dengan anak.

Belajar dari kisah Salomo, kita juga harus mempunyai hati yang sangat amat rindu untuk mendapatkan hikmat ilahi (Ams. 2:4). Ketika kita sungguh-sungguh meminta kepada Tuhan dengan hati yang tulus, Tuhan pun akan memberikan hikmat-Nya bagi kita. Apabila kita dan pasangan sama-sama menempatkan Tuhan sebagai yang terutama dalam rumah tangga kita dan memperoleh hikmat Tuhan serta bertumbuh di dalam-Nya, maka rumah tangga yang kita bina akan menjadi keluarga yang harmonis dan diberkati. (DJW)

RENUNGAN
Ketika kita dan pasangan BERTUMBUH BERSAMA DALAM HIKMAT TUHAN, pernikahan kita akan BERTUMBUH SEMAKIN HARMONIS DAN BAHAGIA

APLIKASI
1. Sudahkah Anda dan pasangan bertumbuh bersama dalam hikmat Tuhan?
2. Mengapa Anda memerlukan hikmat Tuhan dalam kehidupan rumah tangga Anda?
3. Menurut Anda, bagaimana caranya agar hikmat ilahi itu boleh turun dalam hidup Anda? Tuliskanlah komitmen Anda dalam mencapainya!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami sangat menyadari betapa pentingnya hikmat-Mu, dan kami rindu mendapatkannya, ya, Bapa. Tolong berikanlah kami hikmat-Mu, agar kami beroleh hati yang bijaksana. Sehingga kami dapat berpikir dan berbuat seturut kehendak-Mu saja. Biarlah berkat kerukunan, kesatuan, keharmonisan boleh senantiasa ada dalam kehidupan kami dan keluarga kami. Terima kasih ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Zakharia 10-14

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.