Kunci pernikahan yang dipulihkan

Kunci pernikahan yang dipulihkan

BACAAN HARI INI
Mazmur 80:4-20

RHEMA HARI INI
Mazmur 80:7 Ya Allah semesta alam, pulihkanlah kami, buatlah wajah-Mu bersinar, maka kami akan selamat.

Lina adalah ibu dari tiga orang anak. Setiap hari, ia harus bekerja keras membantu suaminya mencari nafkah dengan berjualan di depan rumah. Namun, sifat suaminya yang malas dan suka menunda-nunda pekerjaan kerap membuat Lina jengkel. Setiap hari, rumah tangga mereka pun diwarnai pertengkaran. Lebih dari lima tahun, Lina bergumul agar Tuhan mengubahkan suaminya. Sampai suatu hari, ia mendengar Roh Kudus berkata, “Engkau harus membereskan dirimu terlebih dahulu, baru engkau dapat melihat perubahan pada diri suamimu”. Hati kecil Lina protes, tetapi ia merenungkan kembali kalimat tersebut. Lalu ia menyadari kesalahannya yang selalu menuntut suaminya dan mengasihani diri sendiri. Ia pun mulai belajar untuk melepas pengampunan, menerima kekurangan, dan menyerahkan suaminya ke dalam tangan Tuhan. Lina memilih untuk bersyukur dan percaya pada janji Tuhan. Kini, ia boleh merasakan sukacita dan damai sejahtera sebagai buah ketaatannya. Suaminya pun mulai menunjukkan perubahan. Dari hari ke hari, keharmonisan dan benih cinta mulai bersemi kembali di antara mereka.

Sering kali, Tuhan tak kunjung menjawab doa kita bukan karena Dia tidak mendengarnya. Namun, sama seperti kita tidak bisa melepaskan ikatan orang lain sebelum ikatan kita dilepaskan, Tuhan mau kita membereskan hati kita dahulu sebelum Dia menjawab doa-doa kita. Hal ini selaras dengan yang Tuhan Yesus pernah katakan, “Bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih” (Mat. 23:26).

Oleh karena itu, datanglah pada Yesus. Dia akan memberikan Roh Kudus-Nya untuk menolong kita melepaskan ikatan, membebat, dan memulihkan setiap luka hati kita. Dengan hati yang diperbarui, kita boleh menerima curahan anggur baru-Nya. Sehingga anggur baru, kehidupan yang baru dalam pernikahan tidak hanya akan dinikmati oleh pasangan maupun keluarga kita, tetapi juga setiap orang yang ada di sekitar kita. Benar, hanya ketika kita telah dipulihkan, barulah kita dapat dipakai Tuhan untuk memulihkan pasangan kita, bahkan pasangan-pasangan lainnya.

RENUNGAN
PRIBADI YANG DIPULIHKAN adalah kunci PERNIKAHAN YANG DIPULIHKAN

APLIKASI
1. Menurut Anda, pribadi seperti apa yang dapat dipakai Tuhan untuk mengubahkan orang lain?
2. Mengapa Allah ingin memulihkan Anda terlebih dahulu sebelum memulihkan pernikahan Anda?
3. Sudahkah Anda memiliki pernikahan yang dipulihkan? Jika belum, apa upaya yang dapat Anda lakukan supaya pernikahan Anda menjadi pernikahan yang dipulihkan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapaku yang penuh Kasih, Engkaulah Sang Pemulih bagi setiap jiwa. Kami datang merendahkan diri dihadapan-Mu. Ubahkanlah hati kami. Bebatlah luka hati kami, sehingga kami boleh menjadi pribadi yang dipulihkan, dan dapat Engkau pakai untuk memulihkan pasangan kami, bahkan pasangan-pasangan lain. Sehingga banyak pernikahan yang di ambang kehancuran dapat dipulihkan. Terima kasih Tuhan atas cinta-Mu yang begitu ajaib, yang bekerja dengan luar biasa dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.