Maksud Tuhan dibalik semua tekanan hidup kita

Maksud Tuhan dibalik semua tekanan hidup kita

BACAAN HARI INI
1 Petrus 1:3-9

RHEMA HARI INI
1 Petrus 1:6-7a Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana

Beberapa waktu ini, Airin merasa begitu tertekan. Ia terhimpit dengan masalah pekerjaan, pertengkaran orangtuanya, dan pertunangannya yang kandas. Tidak tahan dengan semua itu, ia memutuskan untuk mengunjungi neneknya yang tinggal di kota kecil. Ketika ia tiba, sang nenek tengah bersiap-siap mengolah minyak zaitun. Airin pun segera membantu neneknya. Pertama-tama ia menumbuk tumpukan buah zaitun dalam wadah. Entah mengapa, ia merasa seperti buah-buah itu. Terpukul-pukul. Babak belur. Hancur tak berbentuk lagi seperti adonan bubur. Setelah mengaduk-aduk beberapa lama, mereka membungkusnya dalam kain dan mulai menekan-nekan keras hingga minyaknya terperas.

Saat membotolkan semua minyak itu, sang nenek bertanya apa yang Airin ketahui tentang minyak zaitun. Airin pun menjawab, “Di masa lampau, minyak ini disebut sebagai cairan emas. Itu karena manfaatnya banyak. Selain untuk memasak, bisa untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Minyak zaitun juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit.” Lalu sang nenek meminta Airin mencicipi buah zaitun yang belum diolah. Namun, begitu Airin mengigitnya, ia segera melepehkannya. Rasanya sangat pahit, kasar, dan menyengat. Melihat reaksi cucunya, sang nenek tersenyum sambil berkata, “Karena itulah buah zaitun perlu dihancurkan dan diproses sebelum bisa menjadi minyak yang banyak kegunaannya.”

Seperti buah zaitun, kita pun harus melalui berbagai macam proses kehidupan sebelum hidup kita bisa bermakna. Mungkin ada karakter-karakter kita yang tanpa kita sadari telah menjadi “sengatan” bagi orang-orang di sekeliling kita. Mungkin masih ada kepahitan-kepahitan hidup yang perlu dibersihkan terlebih dahulu. Benar, kita akan merasa hancur, tetapi masa-masa berat itu diperlukan, supaya Tuhan dapat membentuk, memulihkan, dan memurnikan hati, karakter, serta iman kita. Agar nantinya, Tuhan dapat mengeluarkan berbagai potensi yang berguna bagi kerajaan-Nya dari dalam diri kita. Inilah kemenangan sejati yang bisa kita peroleh dalam kehidupan luar biasa bersama-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Tuhan MENGIZINKAN tekanan hidup menerpa kita karena DIA MEMILIKI MAKSUD YANG MULIA di balik semua pencobaan itu

APLIKASI
1. Apa saja tekanan hidup yang pernah atau tengah Anda lalui saat ini?
2. Mengapa Tuhan mengizinkan Anda melalui semua tekanan itu? Adakah manfaat yang Anda rasakan dari semua proses hidup Anda itu?
3. Bagaimana Anda dapat mengizinkan Tuhan memproses hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, ini kami, datang dengan hati yang hancur ke hadapan-Mu. Kami percaya, ya, Bapa, tidak ada satu pun pencobaan yang Kau izinkan yang melampaui kekutan kami. Di saat kami merasa tidak lagi mampu, biarlah Engkau yang menjadi kekuatan kami. Karena kami tahu, di akhir semua proses ini, Engkau telah merencanakan kehidupan yang luar biasa, yang melampaui bayangan kami saat ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.