Jurus mengatasi tekanan hidup

Jurus mengatasi tekanan hidup

BACAAN HARI INI
Mazmur 25:1-22

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:17 Lapangkanlah hatiku yang sesak dan keluarkanlah aku dari kesulitanku!

Ketika permasalahan besar menghadang hidup kita, tidak jarang kita merasa tidak berdaya. Saat jalan keluar tak kunjung ditemui, persoalan kita tampak semakin besar dan nyali kita semakin ciut. Hati kita pun kian terasa sesak. Keadaan ini mengingatkan kita pada saat orang Israel menghadapi tantangan Goliat (1 Sam. 17). Ada dua respon yang ditunjukkan pada saat itu. Raja Saul beserta segenap orang Israel menjadi cemas dan sangat ketakutan, bahkan ada yang melarikan diri. Bagaimana tidak takut, Goliat tingginya lebih dari tiga meter. Ia pun memiliki persenjataan yang lengkap dan canggih pada zaman itu. Namun, Daud, seorang gembala yang masih muda, meresponi tantangan itu dengan tenang. Ia bahkan menguatkan Saul agar tidak tawar hati. Dengan penuh iman dan semangat, Daud menawarkan diri untuk melawan Goliat. Lalu ia pun berhasil mengalahkan raksasa itu. Mengapa respon Daud begitu berbeda dengan Saul dan segenap bangsa Israel? Itu karena Daud memiliki kapasitas hati yang lebih besar dari mereka.

Di zaman sekarang ini, Goliat yang kita hadapi mungkin bukan berupa raksasa yang hadir secara fisik di hadapan kita. Goliat bisa saja berupa tekanan demi tekanan hidup yang kelihatannya sangat besar dan menakutkan. Mungkin itu tekanan di dalam keluarga, pekerjaan, keuangan, sekolah, pelayanan, yang membuat kita panik, takut, sedih, stres, dan putus asa.

Seperti Daud yang memiliki kapasitas hati yang besar, sehingga ia bisa mengatasi tekanan yang dihadapinya dan menang atas tekanan itu, marilah kita juga memperbesar kapasitas hati kita. Percayalah, saat hati kita sudah lapang dan tidak sesak lagi, kita bisa berpikir dengan tenang untuk mengatasi tekanan demi tekanan dalam hidup. Dengan demikian, kita pun akan menikmati hidup kita dengan luar biasa bersama Tuhan.

RENUNGAN
RAHASIA PERTAMA untuk berhasil MENGATASI TEKANAN HIDUP adalah dengan MEMPERLUAS KAPASITAS HATI

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda sedang menghadapi tekanan hidup? Tekanan apa sajakah itu?
2. Apa respon Anda saat menghadapi tekanan hidup?
3. Apa komitmen Anda setelah mengetahui bahwa rahasia mengatasi tekanan hidup adalah memperluas kapasitas hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“ Bapa yang baik, mampukan kami untuk memperluas kapasitas hati kami, sehingga kami bisa mengatasi tekanan dalam hidup dengan penuh kemenangan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.