Memperbesar kapasitas hati

Memperbesar kapasitas hati

BACAAN HARI INI
Roma 8:31-39

RHEMA HARI INI
Roma 8:31 Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?

Ada peribahasa yang mengatakan “Mulutmu harimaumu”. Mengapa mulut kita disamakan dengan harimau yang terkenal buas itu? Karena perkataan yang kita ucapkan, apabila tidak kita pikirkan akan merugikan kita sendiri. Di dalam Amsal 18:21 juga dikatakan bahwa, “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.” Apa yang kita katakan akan menentukan apa yang akan terjadi atau apa yang akan kita alami. Apabila kata-kata yang sering kita ucapkan adalah kata-kata yang negatif, kita akan menjadi pribadi yang sering berpikir negatif. Namun, sebaliknya, jika kita sering memperkatakan hal-hal yang postif, kita pun akan menjadi pribadi yang selalu bisa berpikiran postif, sehingga semua yang terjadi dalam hidup kita bisa kita sikapi dengan positif.

Ketika Tuhan mengizinkan kita mengalami permasalahan hidup, entah itu berkaitan dengan kesehatan, keluarga, keuangan, pekerjaan, sekolah, bagaimanakah respon kita selama ini? Apakah kita sudah bisa memperkatakan perkataan iman yang positif? Janganlah kita kalah dengan keadaan, tetapi kalahkanlah keadaan dengan kata-kata yang postif. Sadar tidak sadar, apa yang terjadi di dalam hidup kita ini bergantung dari apa yang pernah kita ucapkan. Sekaranglah waktunya kita membalikkan keadaan kita dengan perkataan iman yang positif. Perkataan iman yang membangun diri kita sendiri, juga perkataan yang membangun orang lain.

Jika kita ingin mengalami extraordinary life atau kehidupan yang luar biasa, kita juga harus selalu mengingat kebaikan dan kemenangan yang pernah Tuhan berikan bagi kita. Hal-hal apa saja yang sudah Tuhan kerjakan dalam setiap permasalahan yang pernah kita alami. Ketika kita selalu mengingat kebaikan Tuhan sambil mengucapkan perkataan yang positif, kapasitas hati kita pun akan semakin diperluas, sehingga kita bisa bangkit dan menjadi pribadi yang selalu berhasil dalam hidup kita. Teruslah perbesar kapasitas hati kita! (LEW)

RENUNGAN
Kita dapat memperbesar kapasitas hati dengan PERKATAAN IMAN YANG POSITIF dan MENGINGAT KEMENANGAN YANG PERNAH TUHAN BERIKAN

APLIKASI
1. Perkataan seperti apa yang Anda keluarkan saat Anda menghadapi berbagai permasalahan hidup? Sudahkah Anda memperkatakan perkataan iman yang positif?
2. Kemenangan dan kebaikan apa saja yang sudah Tuhan berikan dalam hidup Anda? Sebutkan!
3. Langkah nyata apa yang akan Anda lakukan agar kapasitas hati Anda semakin diperbesar?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih untuk setiap pengajaran yang Engkau berikan kepada kami. Ajarilah kami selalu bisa memperkatakan perkataan iman yang positif serta mengingat kemenangan yang pernah Tuhan berikan kepada kami. Sehingga kapasitas haati kami semakin Engkau perbesar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.