Akibat menyimpan kebencian dalam hati

Akibat menyimpan kebencian dalam hati

BACAAN HARI INI
Amsal 10:8-19

RHEMA HARI INI
Amsal 10:12 Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Suatu hari, tim pelayanan besuk gereja mendatangi seorang anak remaja. Sudah beberapa hari anak itu muntah darah. Ia sudah dibawa ke beberapa dokter dan rumah sakit, tetapi tidak satu pun yang dapat mendiagnosa penyakitnya. Sehingga kedua orangtuanya berpikir jangan-jangan anak mereka kena guna-guna. Karena itu, mereka meminta tim gereja datang dan mendoakannya. Saat itu, si anak mengalami suatu manifestasi hebat. Ia muntah darah sangat banyak. Namun, setelah itu ia dilawat Tuhan dan sembuh total.

Ayah dan ibunya pun keheranan, apa yang sebenarnya dialami oleh anak ini. Setelah anggota tim menyelidiki, ternyata anak ini kepahitan terhadap ayahnya. Sewaktu kecil, ia sering melihat ayahnya menyakiti ibunya. Sekalipun ayahnya sekarang sudah bertobat, hal itu masih membekas dalam hatinya. Ia masih belum bisa mengampuni ayahnya. Puji Tuhan, sekarang Tuhan sudah menjamah dan menyembuhkan luka hatinya. Ia bisa mengampuni ayahnya dan pemulihan keluarga pun terjadi.

Ya, kebencian dapat merusak banyak hal. Tidak hanya merusak hubungan kita dengan orang lain, tetapi juga menghancurkan diri kita sendiri. Kebencian adalah penyakit hati yang dapat menggerogoti tubuh, pikiran, dan hati kita. Kebencian membutakan kita untuk melihat terang kebenaran Tuhan dan membelenggu kita dalam kegelapan. Sehingga kita tidak bisa mengalami kehidupan luar biasa yang telah Tuhan janjikan (1 Yoh. 2:9-11). Maka dari itu, marilah kita belajar untuk membuang kebencian dalam hati kita dan belajar saling mengampuni. Mintalah pada Tuhan untuk menjamah dan mencurahkan kasih-Nya pada kita, agar kita bisa mengampuni dan juga mengasihi orang yang telah menyakiti kita. Jangan sampai karena kita tidak mengampuni, kita menjadi tidak dapat menerima perkara luar biasa yang telah Tuhan persiapkan bagi kita (Mat. 6:14-15).

RENUNGAN
Selama kita masih MENYIMPAN KEBENCIAN DALAM HATI kita, kita tidak akan mengalami KEHIDUPAN LUAR BIASA

APLIKASI
1. Pernahkah Anda disakiti orang lain? Sudahkah Anda mengampuninya?
2. Mengapa kita harus membuang segala kebencian dan mengampuni orang yang menyakiti kita?
3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk dapat menyingkirkan segala akar kebencian dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami apabila Engkau masih mendapati kami menyimpan kebencian pada sesama kami. Tolong jamah dan lembutkan hati kami, ya, Bapa, agar kami dapat belajar mengampuni dan mengasihi orang yang telah menyakiti kami. Karena kami percaya, melalui pengampunan, pemulihan besar terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.