Menjadi raksasa rohani

Menjadi raksasa rohani

BACAAN HARI INI
Matius 4:1-11

RHEMA HARI INI
Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Ada sepasang suami-istri penginjil yang dipakai Tuhan luar biasa. Mereka mempunyai dua orang anak, Riko dan Rina. Karena kesibukan pelayanan, anak-anak mereka kerap kali terabaikan. Mereka berpikir bahwa anak-anak belajar dari melihat. Jadi, sekalipun mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk kedua anaknya, mereka merasa anak-anak itu nantinya akan belajar dari melihat pelayanan orangtuanya dan otomatis meniru serta mengikuti jalan hidup mereka. Kemudian tumbuhlah anak-anak itu menjadi remaja. Namun, tidak seperti apa yang diharapkan, tak jarang pasangan penginjil ini dipanggil ke sekolah karena Riko sering terlibat perkelahian antar murid. Sedangkan Rina terjerumus dalam kehidupan seks bebas, sampai pada akhirnya ia hamil di luar nikah.

Suami-istri ini lantas datang menangis kepada Tuhan dan bertanya mengapa Tuhan izinkan semua itu terjadi dalam keluarga mereka. Tuhan pun menegur mereka, karena mereka hanya memberi anak-anak mereka makanan dan minuman jasmani, tetapi tidak pernah membawa kedua anaknya mengenal Kristus secara pribadi. Sepasang penginjil itu akhirnya memutuskan untuk berhenti pelayanan sejenak dan melayani kedua anak mereka secara intensif. Mereka mulai memberi makan roh kedua anak mereka dengan firman Tuhan secara teratur. Perlahan-lahan, Riko dan Rina pun menunjukkan perubahan dan hidup mereka diubahkan.

Menjadi orang Kristen tidak serta merta menjadikan kita raksasa rohani. Seperti cerita di atas, sekalipun Riko dan Rina terlahir Kristen, hal itu tidak menjamin pertumbuhan kerohanian mereka. Sama seperti bayi-bayi yang perlu diberi susu untuk bertumbuh, manusia roh kita pun perlu diberi makan dan minum secara konsisten agar tetap dapat hidup serta bertumbuh. Makanan dan minuman rohani kita adalah berdoa dan membaca firman Tuhan. Kita perlu mengonsumsinya secara rutin agar kita dapat bertumbuh menjadi raksasa rohani yang berdampak. Ketika manusia roh kita tumbuh berkembang semakin besar, semakin banyak pula hal besar yang dapat Tuhan lakukan dalam hidup kita.

RENUNGAN
Jika kita ingin menjadi RAKSASA ROHANI, kita perlu memberi makan manusia roh kita dengan FIRMAN YANG BERGIZI secara TERATUR

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memberi makan dan minum manusia roh Anda secara teratur? Apa sajakah hambatan yang biasanya Anda temui?
2. Mengapa kita juga perlu memelihara manusia roh kita secara konsisten?
3. Bagaimana seharusnya kita memelihara manusia roh kita? Tuliskanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, ampuni kami kalau kami masih kurang teratur dalam memberi makan dan minum manusia roh kami. Kami sadar akan pentingnya firman-Mu yang hidup dan kami mau belajar untuk lebih lagi memelihara manusia roh kami dengan baik. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Roma 4-7

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.