Bangkit dan menggenapi tujuan penciptaan Tuhan

Bangkit dan menggenapi tujuan penciptaan Tuhan

BACAAN HARI INI
Kejadian 1:26-31

RHEMA HARI INI
Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Pohon cengkeh, kemiri, vanili, dan beragam tanaman lainnya menghijaukan bukit Aimere. Tak ada yang mengira bahwa puluhan tahun sebelumnya, wilayah itu merupakan tanah tandus dan sering membawa bencana. Guyuran air di musim hujan membuat struktur tanahnya labil dan kerap merenggut nyawa. Berkat tangan dingin Sebastian Tande, penghijauan di wilayah desa Kaligejo, Nusa Tenggara Timur, terlaksana. Awalnya ia berpikir usahanya akan sia-sia karena beratnya medan dan hanya dirinya yang bekerja. Namun, ia tidak menyerah dan berhasil membuat warga lain ikut serta. Kerja keras Sebastian telah mengubah lahan tandus itu menjadi hutan yang menghijau sehingga ia memperoleh Kalpataru dari pemerintah setempat.

Rhema kita hari ini menegaskan tentang kerja keras Sebastian Tande. Ia tidak membiarkan luasnya lahan tandus mengalahkan dirinya. Sebastian bangkit menjadi penakluk lahan gersang itu. Kita mungkin menghadapi “lahan-lahan gersang” di hidup kita—entah itu masalah di tempat kerja, di rumah, di sekolah, di lingkungan rumah, di mana pun, dan apa pun. Mungkin kita tergoda untuk menyerah karena sudah tak berdaya menghadapinya. Namun, janganlah kita menyerah. Allah menciptakan setiap kita untuk menjadi penakluk untuk meraih kemenangan. Bagaimana caranya? Itu terjadi ketika kepenuhan Allah ada di dalam diri kita.

Karena dosa, kita akan bersusah payah membanting tulang untuk bekerja dan bertahan hidup. Namun, Allah telah mengutus Yesus ke dunia untuk menebus dosa kita. Saat kita percaya kepada Yesus, Roh-Nya masuk dan berdiam di dalam diri kita. Roh Allah itu membangkitkan roh kita dan memampukan kita untuk melakukan segala perkara. Bersama Allah, kita bisa menghadapi setiap tantangan. Bersama Allah, kita menghasilkan hal-hal luar biasa dan prestasi yang gilang-gemilang. Percayalah kepada-Nya dan miliki keinginan lebih lagi untuk menjadi raksasa rohani yang terus menaklukkan pergumulan serta pencobaan-pencobaan kita di dunia ini.

RENUNGAN
Kita hanya bisa menggenapi TUJUAN PENCIPTAAN TUHAN sebagai PENAKLUK dan PEMENANG jika kita KEPENUHAN ROH ALLAH

APLIKASI
1. Apa yang perlu kita lakukan saat tergoda untuk menyerah karena beratnya tantangan hidup yang kita hadapi?
2. Bagaimana caranya menjadi penakluk untuk meraih kemenangan?
3. Bagaimana kita bisa melakukan hal-hal luar biasa dalam hidup ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih karena saat kami percaya kepada Anak-Mu, Yesus, Engkau memampukan kami menjadi pemenang untuk menghadapi setiap tantangan di hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.